On This Day 2006, Del Piero Pecahkan Rekor di Juventus

On This Day

by Randy Prasatya

Randy Prasatya

Everything you can imagine is real.

On This Day 2006, Del Piero Pecahkan Rekor di Juventus

Tepat sembilan tahun yang lalu pada Sabtu (10/1) ini, Alessandro Del Piero melampaui rekor gol legenda Juventus, Giampiero Boniperti. Rekor tersebut dicetak setelah Del Piero mencetak hattrick ke gawang Fiorentina di babak 16 besar Coppa Italia. Dengan hattrick tersebut, Del Piero tercatat sebagai pemain tersubur Juventus dengan 185 gol. Boniperti sendiri telah mencetak 182 gol semasa karirnya.

Del Piero merupakan salah satu legenda dan pemain paling loyal bagi La Vecchia Signora. Pria yang lahir pada 9 November 1974 tersebut, telah berseragam hitam-putih sejak 1993. Del Piero melakukan debut pada September 1993 kala menghadapi Foggia. Gol perdana Del Piero bersama Juventus tercipta dalam pertandingan keduanya kala menghadapi Reggina. Di bawah asuhan Giovanni Trapattoni, ia mencetak hattrick pertamanya kala menghadapi Parma. Pertandingan tersebut sekaligus menjadi pertandingan pertamanya bermain sebagai starter.

Keberhasilan Del Piero melampaui rekor Boniperti nyatanya tidak diiringi dengan prestasi Juventus di liga. Pada musim tersebut, Juventus dipaksa turun ke Serie B karena kasus Calciopoli. Bersama dengan sejumlah bintang Juventus lainnya, seperti David Trezeguet, Pavel Nedved, Gianluigi Buffon, dan Mauro Camoranesi, Del Piero lebih memilih untuk bertahan. Ia pun sanggup  mengembalikan Juve kembali ke Serie A untuk tampil di musim 2007/2008. Pada musim tersebut, Del Piero mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak Serie B 2006/2007.

Il Pinturicchio, julukan Del Piero, kembali menjadi pencetak gol terbanyak, setelah Juventus kembali ke Serie A. Pada pertandingan akhir Serie A musim 2007/2008, Del Piero mencetak 2 gol saat bermain imbang 3-3 melawan Sampdoria. Dua gol Del Piero di pertandingan akhir musim tersebut sekaligus mengunci gelar pencetak gol terbanyak pertamanya di Serie A dengan 21 gol.

Del Piero pun menutup karir bermain untuk Juventus pada musim 2012 dengan mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Juventus dengan 289 gol dari 691 penampilan.

Komentar