On This Day 2007, Penembakan Polisi ke Ultras Italia

On This Day

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

On This Day 2007, Penembakan Polisi ke Ultras Italia

Pagi hari 11 November 2007, seorang penggemar Lazio bernama Gabriele Sandri tewas terkena peluru yang ditembakkan dari pistol polisi. Tragedi ini bermula saat terjadi bentrokan antara penggemar Lazio dengan Juventus.

Pria berusia 26 tahun yang berprofesi sebagai DJ tersebut berencana pergi ke kota Milan untuk menonton timnya melawan Inter. Saat melakukan perjalanan, Gabriele dan teman-temannya berhenti pada sebuah stasiun di daerah Tuscany. Dari situlah kemudian mereka bertemu dengan sekelompok penggemar Juventus hingga terjadi bentrokan.

Pihak kepolisian berusaha meredakan situasi tersebut, tetapi tiba-tiba terdengar suara ledakan pistol. Diketahui bahwa tembakan tersebut berasal dari salah seorang polisi bernama Luigi Spaccarotella.

Tetapi ia menyangkal sengaja menembak Gabriele. Menurutnya ia hanya melakukan tembakan peringatan ke udara lalu alpa “mengunci” pistolnya. Saat berlari mengejar massa, pistol tersebut kemudian meletus dan mengenai Gabriele.

“Tembakan pertama saya arahkan ke udara dan kedua ketika saya berlari. Sebuah kebodohan. Sekarang saya tahu apa yang sebenarnya terjadi, saya hancur,” ucap Luigi.

"Sekarang saya telah menghancurkan dua keluarga, yaitu anak ini dan saya sendiri," tambahnya.

Kerusuhan meluas karena para suporter Italia lain tidak terima dengan kejadian ini. Semua kompak menuntut kasus ini diselesaikan. Pada tahun 2009 Luigi Spaccarotella kemudian dijatuhi hukuman 6 tahun penjara karena kelalaian yang mengakibatkan kematian.

Komentar