On This Day 1986, Ferguson Resmi Tangani MU

On This Day

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

On This Day 1986, Ferguson Resmi Tangani MU

Hampir tiga dasawarsa yang lalu, saya berjalan menyusuri terowongan itu menuju ke lapangan untuk pertandingan kandang pertama saya, penuh dengan rasa canggung dan terpapar. Saya melambaikan tangan ke tribun Stretford End dan kemudian diperkenalkan sebagai manajer baru Manchester United dari lingkaran tengah lapangan. Sekarang, saya berjalan ke tengah lapangan yang sama, penuh percaya diri, untuk mengucapkan selamat tinggal.

Paragraf di atas adalah kalimat pembuka Alex Ferguson dalam buku otobiografinya. Menggambarkan dengan jelas perbedaan kondisinya saat pertama kali menangani United sampai akhirnya memutuskan pensiun pada tahun 2013 lalu.

Datang ke Old Trafford, Ferguson dihadapkan pada PR besar menangani tim yang sedang krisis. Beberapa pemainnya hobi menenggak minuman beralkohol, kedisiplinan kacau, dan United juga mengalami masalah serius terkait kebugaran. Akar masalah tersebut kemudian yang berusaha diselesaikan oleh Fergie dengan membentuk budaya baru di United.

ferguson

Pada prosesnya Setan Merah juga minim prestasi. Ancaman pemecatan selalu menghantui awal karier Alex Ferguson bersama United. Namun, Bobby Charlton yang berada di jajaran direksi kala itu membela Fergie. Legenda Manchester United tersebut percaya bahwa apa yang sedang dilakukan Ferguson adalah benar: mengembangkan pemain muda dan mengubah cara kerja sepakbola di Old Trafford.

Musim pertama Ferguson hanya mampu membawa United berada di peringkat 11. Laga pertamanya juga berakhir kekalahan dari tim kecil, Oxford United. Uniknya, ia mencatatkan satu kemenangan tandang penting: mengalahkan Liverpool. Sebelumnya, saat konferensi pers pertamanya, Ferguson berjanji akan meruntuhkan dominasi Liverpool di Inggris.

Trofi pertama yang mampu diraihnya adalah Piala FA musim 1989-1990. Ini membuat rasa percaya diri terhadap Fergie meningkat. Setelah itu berbagai macam trofi mengalir menjadikan Manchester United tim tersukses Inggris di era Premier League juga trofi Liga Champions.

Selama di Manchester United, 38 trofi berhasil dipersembahkan Fergie. Total 13 trofi diraih di Liga Primer, lima di Piala FA, empat di Piala Liga dan 10 gelar juara Community Shield. Sementara dua trofi Liga Champions, satu trofi UEFA Cup Winners Cup, satu Piala Super Eropa, satu interkontinental, dan satu trofi Piala Dunia antar klub melengkapi lemari prestasi MU di bawah besutan Fergie.

Setelah Fergie meninggalkan MU, MU belum kembali ke masa kejayaannya. Bahkan manajer pun datang dan pergi silih berganti, tak seperti Fergie yang mampu bertahan selama 27 tahun.

Ah, Ferguson, malang benar United tanpamu.

Komentar