On This Day 2012, Satu Kiper Tiga Cabang Olahraga Kepulauan Solomon

On This Day

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

On This Day 2012, Satu Kiper Tiga Cabang Olahraga Kepulauan Solomon

Hanya ada satu orang yang bisa menjadi kiper di Kepulauan Solomon, namanya Paul Huia. Pernyataan tersebut memang bukan fakta sebenarnya. Tetapi jika melihat catatan berikut, kalimat tadi ada benarnya juga.

Tepat 3 November 2012, Paul Huia mencatatakan sejarah sebagai satu-satunya pemain yang ikut dalam tiga cabang olahraga FIFA.  Yakni futsal, sepakbola pantai, dan tentu saja sepakbola itu sendiri.

Karir Paul dimulai dari cabang sepakbola pantai pada Piala Dunia 2006, bermain penuh selama tiga pertandingan. Pada bulan September 2012 ia menambah daftar pekerjaan di CV-nya dengan menjadi kiper sepakbola menghadapi Selandia Baru dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2014.

Kemudian pada bulan November tahun yang sama, Paul ditunjuk sebagai kiper futsal tim nasional Solomon pada pembukaan Piala Dunia Futsal . Menghadapi tim kuat Rusia, ia harus memungut bola 16 kali dari gawangnya.

Salah satu fakta lain yang menggelikan, karirnya sebagai kiper sebenarnya adalah sebuah “kecelakaan”. Ketika itu ia sedang bermain rugby sepulang sekolah bersama teman-temannya, di tempat yang sama Noel Wagapu staf sepakbola U-17 sedang membutuhkan kiper. Paul Huia kemudian terpilih dan dari situlah dirinya menjadi salah satu bagian sejarah sepakbola dunia.

Kepulauan Solomon sendiri berpenduduk sekitar 532.000 jiwa dalam sensus terakhir pada tahun 2009. Negara ini tergolong kecil dengan luas wilayah hanya 28.400 km persegi, bandingkan dengan Bali yang mencapai 5,6 juta km persegi.

Komentar