On This Day 1971, Selamat Ulang Tahun Andy Cole

On This Day

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

On This Day 1971, Selamat Ulang Tahun Andy Cole

Tanggal 15 Oktober 1971 di Nottingham, Inggris, lahir salah satu penyerang jempolan: Andy Cole. Sampai saat ini namanya masih tercatat sebagai pencetak gol kedua terbanyak sepanjang sejarah Liga Primer Inggris setelah Alan Shearer.

Meski lebih dikenal sebagai salah satu legenda Man United, karir Cole sebenarnya dimulai dari klub Arsenal pada tahun 1989. Ia kemudian berpetualang di 12 klub berbeda sebelum memutuskan pensiun pada 2008. Kiprahnya bersama Setan Merah memang yang paling lama dibandingkan klub lain.

Berduet bersama Dwight Yorke, Andy Cole adalah andalan utama Alex Ferguson dalam menciptakan pundi-pundi gol.  Total ia sudah mencetak 93 gol dalam penampilannya di liga antara tahun 1995 hingga 2001. Cole juga turut andil dalam meraih 5 gelar liga, 2 Piala FA, dan satu trofi Liga Champions.

Nama Dwight Yorke memang tak bisa dipisahkan dengan Andy Cole, keduanya selalu ditakuti lawan pada masa jayanya. Bahkan ketika harus menyebut formasi 4-4-2 klasik, sulit rasanya untuk tidak menyebut dua pemain tersebut. Gaya bermainnya juga mulai jarang ditemui di era taktikal modern sekarang. Dimana sebuah tim mempunyai dua striker utama yang punya gaya bermain sama, postur hampir mirip sama, dengan tipikal yang juga agak berdekatan.

Pada tahun 2000, Andy Cole berbicara ke media bahwa ia lebih senang dipanggil dengan nama aslinya Andrew Cole. Namun sebutan Andy Cole lebih melekat karena telah banyak dipakai media pada tahun 90-an. Bahkan penggemar Man United punya lagu yang terkadang masih dinyanyikan hingga sekarang.

Andy Cole, Andy Cole, Andy Andy Cole,

he hits the ball, he scores a goal, Andy Andy Cole.

What a goal, what a goal from Andy Andy Cole,

he hits the ball he scores a goal, Andy Andy Cole.

Kini di usianya yag menginjak 43 tahun. Andy Cole bekerja sebagai duta klub Manchester United. Ia bahkan beberapa kali hadir ke Indonesia terkait pekerjaannya mewakili Setan Merah. Bukti bahwa ada pengakuan untuk Andy Cole sebagai salah satu legenda di Old Trafford.



Komentar