On This Day 1957, Pembukaan Stadion Camp Nou

On This Day

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@gmail.com

On This Day 1957, Pembukaan Stadion Camp Nou

Tanggal 24 September 1957, Camp Nou diresmikan melalui laga uji coba antara Barcelona dengan Legia Warsaw. Pesta pembukaan yang manis bagi tuan rumah karena berhasil unggul 4-2 kala itu.

Nama Camp Nou sendiri baru dipakai secara resmi pada tahun 2000. Sebelumnya dari awal pembukaan, nama yang dipakai adalah Estadi del FC Barcelona meski kurang populer. Pembangunan stadion ini menghabiskan waktu tiga setengah tahun dengan biaya 288 juta peseta.

Barcelona memutuskan untuk membangun stadion baru karena markas lama mereka  Camp de Les Corts tak punya cukup ruang untuk ekspansi. Tak kurang dari 90.000 orang hadir pada saat itu, termasuk beberapa pejabat dan tokoh penting seperti Uskup Agung Barcelona yang sekaligus memberikan pemberkatan.

Nou Camp juga pernah dipakai untuk konser musisi dunia seperti U2 dan Michael Jackson. Kapasitasnya berubah-ubah seiring dengan beberapa renovasi yang dilakukan. Sekarang stadion ini sanggup menampung 99.354 penonton sekaligus menjadikannya stadion terbesar di Eropa.



Komentar