On This Day 1996, Awal Cerita Patrick Vieira di Arsenal

On This Day

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@gmail.com

On This Day 1996, Awal Cerita Patrick Vieira di Arsenal

Tanggal 16 September 1996, Patrick Vieira menjalani debutnya bersama Arsenal. Pemain yang didatangkan dari AC Milan dengan harga 3,5 juta pounds tersebut hanya bertahan satu musim di San Siro. Sebelumnya ia juga sempat membela Cannes selama dua musim.

Masih berusia 20 tahun saat itu, Vieira langsung menunjukkan kelasnya begitu masuk lapangan dan "korbannya" adalah Sheffield Wednesday. Mengawali pertandingan dari bangku cadangan pemain nasional Perancis kelahiran Senegal tersebut membuat lini tengah Arsenal hidup. Laga sendiri sempat tertunda 25 menit karena ada masalah listrik di Highbury.

Tim tamu sempat unggul terlebih dahulu melalui kaki Andy Booth pada menit 25. Berselang tiga menit kemudian Vieira masuk menggantikan Ray Parlour yang mengalami cedera. Kontrol permainan berubah menjadi milik tuan rumah dengan kehadiran Vieira. Arsenal kemudian mampu membalikkan kedudukan menjadi 4-1 hingga peluit akhir berbunyi.

Berkat aksi gemilangnya tersebut Arsene Wenger kemudian menjadikannya pilihan utama mengawal jantung lini tengah The Gunners. Bahkan pada musim 2002-2003 ia ditunjuk menjadi kapten tim, musim berikutnya ia memimpin Arsenal meraih juara liga dengan rekor tanpa terkalahkan.

Sebelum hengkang ke Juventus, Vieira berhasil mempersembahkan tiga gelar liga dan empat Piala FA untuk Arsenal. Musim berikutnya ia pindah ke klub Serie A lainnya Inter Milan dan menghabiskan sisa karirnya di Manchester City.

Kini di usianya yang menginjak 40 tahun, Vieira masih aktif di dunia sepakbola dengan menangani akademi Manchester City. Awal musim ini ia kemudian dipindah ke kesebelasan yang masih berafiliasi, yakni New York City FC.

Komentar