On This Day 1990, Kejutan dari Kepulauan Faroe

On This Day

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@gmail.com

On This Day 1990, Kejutan dari Kepulauan Faroe

Tanggal 12 September 1990, Kepulauan Faroe membuat sebuah kejutan dan menjadi pembicaraan sepakbola internasional. Mereka berhasil mengalahkan Austria 1-0 pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 1992.

Hal ini menjadi kejutan mengingat laga melawan Austria adalah pertandingan kompetitif pertama. Bahkan pada saat itu, meski berstatus sebagai tuan rumah pertandingan harus dimainkan di Swedia. Partai usiran tersebut terjadi karena Kepulauan Faroe belum memiliki lapangan rumput.

Faroe adalah gugusan pulau yang terletak Samudra Atlantik, tepatnya berada di antara Skotlandia dan Islandia. Secara administratif, Faroe berstatus wilayah otonomi kerajaan Denmark. Penghitungan pada tahun 2011 penduduknya tidak lebih dari 50.000 jiwa.Faroe_Islands_in_its_region.svg

Tim Nasional Kepulauan Faroe bergabung di FIFA pada 2 Juli 1988, dan masuk sebagai anggota UEFA dua tahun kemudian. Meski begitu keberadaan tim sepakbola sendiri sudah ada sejak 1930 dan masih berstatus sebagai amatir pada saat itu.

Kemenangan melawan Austria tidak dijalani dengan mudah, hingga menit 60 Kepulauan Faroe terus menerus digempur. Baru kemudian pada menit 61 mereka berhasil mencuri gol melalui kaki Torkil Nielsen. Hingga akhir pertandingan berbagai upaya dilakukan untuk mempertahankan kedudukan. Sampai peluit panjang akhirnya berbunyi, Kepulauan Faroe berhasil mencatatkan sejarah manis debut mereka di pentas internasional.

Hasil manis yang diraih pada partai pembuka ternyata tidak berdampak pada kiprah Faroe selanjutnya, karena gagal lolos ke putaran final. Hanya hasil imbang 1-1 melawan Irlandia poin selanjutnya yang berhasil didapat. Kepulauan Faroe menjadi juru kunci grup di bawah Yugoslavia, Denmark, Irlandia Utara, dan Austria.

Hingga sekarang tim ini belum pernah sekalipun mencicipi persaingan di Piala Eropa apalagi Piala Dunia. Hasil pertandingan terbesar yang diraih adalah melawan tim nasional Gibraltar.

Komentar