On This Day 2011, Berkah Stadion Baru Juventus

On This Day

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@gmail.com

On This Day 2011, Berkah Stadion Baru Juventus

Pada 8 September 2011, Juventus membuka stadion baru mereka melalui pertandingan persahabatan dengan Notts County. Pertandingan berakhir dengan skor imbang 1-1, melalui gol masing-masing dari Luca Toni pada menit 54 dan Lee Hughes 3 menit menjelang bubaran.

Terpilihnya Notts County sebagai lawan bukannya tanpa alasan. Meski berbeda kasta dan kekuatan tim (Notts County penghuni kasta ketiga Liga Inggris) , namun keduanya memiliki hubungan sejarah yang kuat.

Hubungan tersebut berawal dari tertukarnya kostum yang dipesan oleh Juventus pada tahun 1903. Pada awalnya, Si Nyonya Tua mempunyai warna kebesaran merah muda. Namun saat ingin memesan kostum baru pihak supplier justru salah mengirim barang, yang dikirim waktu itu adalah kostum milik Notts County yang memiliki warna hitam strip putih. Tetapi warna tersebut justru dianggap cocok dengan karakter Juventus sehingga dipakai hingga sekarang.

Karena itulah, Notts County diundang sebagai klub kehormatan untuk meresmikan stadion baru Juve tersebut. Stadion Juventus menelan biaya pembangunan sebesar 120 juta euro, dibangun dalam jangka waktu dua setengah tahun. Sebelumnya mereka bermarkas di stadion delle Alpi yang kemudian ditutup pada 2006 serta diratakan pada 2009. Pada prosesnya Juve sempat pindah ke kandang lama mereka Olimpico (digunakan 1933-1990).

Meski pertandingan pembukaan tak berakhir manis, namun Stadion Juventus justru membawa berkah tersendiri. Pada musim tersebut, Juve kembali merebut Scudetto dengan catatan tak terkalahkan. Tak cukup hanya itu, tren positif terus berlanjut hingga tiga musim berturut-turut.

Komentar