On This Day 1882, Berdirinya Tottenham Hotspur

On This Day

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@gmail.com

On This Day 1882, Berdirinya Tottenham Hotspur

Tanggal 5 September 1882, Tottenham Hotspur dibentuk sebagai "cabang" dari Hotspur Cricket Club. Pada awalnya nama yang dipilih adalah Hotspur FC karena masih dalam bagian tim kriket tersebut.

Dibentuk dengan cara swadaya, sebagian dana yang terkumpul digunakan untuk membeli kayu tiang gawang, bendera sudut, dan bola. Pada perkembangannya klub pun berubah nama menjadi Tottenham Hotspur.

Klub yang bermarkas di daerah bernama Tottenham, daerah utara London ini pada akhirnya bergabung ke South League pada 1896-1897 dan memenangi gelar pada 1900. Bahkan pada musim berikutnya Tottenham mampu meraih gelar Piala FA, pertama kalinya klub di luar Football League (kasta tertinggi saat itu).

Berkat prestasi yang terus berkembang, Spurs kemudian naik ke Divisi 2 pada musim 1908-1909, serta langsung promosi kembali musim berikutnya. Gelar liga berikutnya diraih pada tahun 1951 dan baru meraihnya kembali 10 tahun kemudian tepatnya pada 1961.

Tottenham Hotspur menjadi tim Inggris pertama yang menjuarai Eropa pada 1963 (Piala Winners) dengan mengalahkan Atletico Madrid. Trofi Eropa berikutnya juga berhasil diraih dengan menjuarai Piala UEFA pada 1972 dan 1984.

Total Spurs juga telah mengumpulkan 8 Piala FA, 4 Piala Liga, dan 7 Charity Shields. Gelar terakhir Charity Shield diperoleh berkat keputusan juara bersama dengan rival sekota Arsenal pada 1991, sekaligus musim terakhir adanya juara bersama sebelum diputuskan adanya perpanjangan serta tendangan penalti.

Komentar