On This Day 1867, Lahirnya Klub Bersejarah di Inggris

On This Day

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

On This Day 1867, Lahirnya Klub Bersejarah di Inggris

Tanggal 4 September 1867, Wednesday Cricket Club memutuskan untuk membentuk sebuah tim sepakbola bernama Sheffield Wednesday FC. Alasannya cukup unik, yakni agar para pemainnya (kriket) tetap dalam kondisi prima saat musim dingin dengan bermain sepakbola.

Organisasi ini memang erat hubungannya dengan hari Rabu yang sesuai dengan namanya. Entah kebetulan atau disengaja, pertemuan yang membahas dibentuknya klub ini dilaksanakan pada hari Rabu tepatnya di hotel Sheffield Adelphi.

Semakin populernya sepakbola di Inggris dari masa ke masa membuat klub ini berkembang pesat. Sampai akhirnya memutuskan untuk bergabung ke dalam Football League pada 1892. Sebagai salah satu klub profesional tertua di Inggris bahkan dunia, prestasi Sheffield Wednesday meroket pada awal kiprahnya.

Berhasil menjadi juara Piala FA pada tahun 1896, kemudian secara beruntun meraih gelar juara Liga tahun 1903 dan 1904. Selang tiga musim kemudian mereka kembali merebut Piala FA pada 1907, namun setelahnya prestasi tim melorot hingga terdegradasi ke Divisi 2 pada tahun 1920. Sebelum akhirnya kembali lagi ke level tertinggi pada 1926 dan kembali meraih prestasi dengan menggondol dua gelar liga (1929, 1930) dan Piala FA (1935).

Tim yang bermarkas di stadion Hillsborough ini juga merupakan salah satu "pendiri" Premier League yang pertama kali digelar pada 1992. Gelar terakhir yang berhasil diraih adalah Piala Liga (Carling Cup sekarang) pada 1991, setelah terdegradasi pada tahun 2000 tim berjuluk The Owls ini belum pernah lagi mencicipi prestasi dan namanya mulai tenggelam.

Komentar