On This Day 1892, Pertandingan Liverpool Pertama di Anfield

On This Day

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

On This Day 1892, Pertandingan Liverpool Pertama di Anfield

Tanggal  1 September 1892, Liverpool memainkan laga pertama mereka di Anfield melawan Rotherham Town. Pertandingan persahabatan tersebut berakhir 7-1 untuk kemenangan tuan rumah.

Sejatinya stadion Anfield yang sudah digunakan sejak 1884 adalah kandang Everton, rival sekota Liverpool FC. John Houlding yang saat itu menjabat sebagai pemilik Everton kemudian membeli stadion Anfield setelah sebelumnya hanya menyewa.

Namun terjadi perselisihan antara Houlding dan pihak komite klub Everton yang menyebabkan tim terpecah. Sebagai pemilik Anfield sekaligus jajaran direksi Everton, mantan walikota Liverpool tersebut tetap memberi beban sewa tiap kali The Toffees bertanding.

Terus meningkatnya biaya sewa Anfield yang ditetapkan John Houlding kepada Everton, membuat Everton memutuskan untuk pindah ke Goodison Park. Hal ini membuat Anfield menjadi tidak berpenghuni. John Houlding kemudian memutuskan untuk membentuk Everton Athletic, yang merupakan cikal bakal Liverpool FC. Langkah ini diambil karena Houlding tak mau rugi setelah berinvestasi besar dengan membeli stadion Anfield.

Pertandingan pertama Liverpool FC sendiri saat itu hanya ditonton sekitar 200 orang saja, meski kapasitas Anfield mencapai 20.000. Namun jumlah penonton berkembang pesat dari waktu ke waktu, pertandingan liga pertama ditonton sebanyak 5000 orang yakni saat pesta 4-0 atas Lincoln City.

Rekor penonton sendiri tercipta pada 2 Februari 1952 ketika melawan Wolves dalam ajang Piala FA. Penonton yang hadir ketika itu sebanyak 61.905 orang, saat Anfield masih memiliki fasilitas tribun berdiri. Setelah penghapusan tribun berdiri dan mengalami renovasi, kapasitasnya telah menyusut menjadi 45.276 saja hingga sekarang.

Salah satu catatan manis Liverpool di Anfield terjadi pada musim 1893-1894 dimana mereka selalu meraih kemenangan.

Komentar