On This Day 1994, Salah Baggio? | Pandit Football Indonesia

On This Day 1994, Salah Baggio?

On This Day

by redaksi 6747

On This Day 1994, Salah Baggio?

Setelah hanya bisa sampai semi final di Piala Dunia 1990, yang diselenggarakan di rumahnya sendiri, Italia akhirnya bisa melaju ke final di Piala Dunia 1994 Amerika Serikat. Di partai puncak, Azzuri bertemu dengan Brasil. Tapi sayang, anak asuh Arrigo Sacchi itu gagal menambah gelar di Pasadena. Lantaran top skor mereka, Roberto Baggio, gagal mengeksekusi penalti

Final Piala Dunia AS yag mempertemukan Italia dan Brasil itu digelar pada 17 Juli 1994 di stadion Rose Bowl, Pasadena, California.

Italia memastikan satu tiket di final setelah berhasil mengalahkan Bulgaria, 2-1, di babak semi final. Mereka sudah di tunggu Brasil, yang berhasil mengalahkan Swedia dengan skor tipis, 1-0, pada pertandingan sebelumnya.

Meski Bebeto dan Romario diturunkan sejak menit pertama, Brasil ternyata tetap kesulitan mencetak gol. Begitu juga, Italia. Walaupun sang top skor tim, Baggio, dimainkan sejak awal, ternyata Azzuri juga tak mampu mencetak angka.

Setelah dalam waktu normal dan masa tambahan waktu kedua tim sama-sama gagal mencetak angka, pertandingan pun dilanjutkan dengan  babak adu penalti. Dan di babak adu penalti inilah, kesialan Italia mulai terlihat.

Dari kubu Brasil, hanya Marcio Santos yang gagal mengeksekusi tendangan 12 pas. Sedangkan dari Italia, tiga pemain mereka gagal mengeksekusi penalti. Tiga algojo Italia yang gagal menunaikan tugas itu ialah Franco Baresi, Daniele Massaro, dan Roberto Baggio. Namun, entah kenapa, kegagalan Azzuri menambah gelar tahun itu, sering dialamatkan pada nama terakhir tersebut. Padahal, dua pemain sebelumnya, bahkan sang kapten tim, juga gagal mengeksekusi penalti.

[youtube]

[/youtube]

(mul)

Komentar