On This Day 1957: Imbang Lawan Tiongkok, Indonesia Hampir Lolos Piala Dunia

On This Day

by redaksi

On This Day 1957: Imbang Lawan Tiongkok, Indonesia Hampir Lolos Piala Dunia

Tanggal 23 Juni 1957, 57 tahun lalu, timnas Indonesia bermain imbang 0-0 melawan timnas Tiongkok di Rangoon, Burma (kini, Myanmar). Pertandingan yang berlangsung di U Aung San Memorial Stadium itu merupakan pertemuan ketiga bagi kedua tim. Pertandingan ini pun menjadi penentu tim mana yang akan lolos ke babak selanjutnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya kedua tim telah bertemu secara home and away. Dalam pertandingan pertama, 12 Mei 1957 di Jakarta, timnas asuhan Tony Pogacknik berhasil mengalahkan Tiongkok 2-0. Saat itu, kedua gol timnas diborong Ramang. Sementara dalam pertandingan kedua, 2 Juni 1957 di Peking, Maulwi Saelan cs. harus mengakui keunggulan tuan rumah Tiongkok 3-4.

Pada masa itu belum diterapkan agregat gol sehingga kedua tim dipertemukan lagi dalam pertandingan ketiga atau penentuan.

Karenanya, timnas Indonesia pun berhasil meloloskan diri ke babak selanjutnya untuk melawan Israel. Sayang, karena tidak ada hubungan diplomatik, Indonesia enggan bertanding melawan Israel sehingga potensi Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya terganjal. Kelak, Israel pun gagal lolos ke Piala Dunia 1958 karena kalah dari Wales dalam pertandingan play off.

(NMR)

Komentar