On this day 1977, Persija Jakarta Juarai Piala Bang Ali

On This Day

by redaksi

On this day 1977, Persija Jakarta Juarai Piala Bang Ali

Tanggal 20 Juni 1977, tuan rumah Persija Jakarta berhasil menjuarai turnamen Piala Bang Ali setelah dalam pertandingan pamungkasnya menang 5-0 atas Persebaya Surabaya.

Kemenangan dan sekaligus gelar juara Piala Bang Ali 1977 bagi Persija itu tak lepas dari mundurnya Persebaya karena rusuh. Pertandingannya itu sendiri hanya berlangsung selama dua menit.

Pertandingan baru berjalan dua menit, Persija menyerang Persebaya dan nyaris gol. Persebaya mengira, Iswadi Idris (Persija) offside, tetapi Wasit Oo Suwardi (Sukabumi) tidak meniup peluit. Lalu, Slamet Pramono, pemain Persebaya bernomor punggung (10) menyerang wasit dan menerima kartu merah. Putusan itu tak diterima Persebaya dan mereka meninggalkan lapangan.

Sikap Persebaya itu sempat disesalkan Walikota Surabaya Suparno dan Gubernur Jawa Timur Sunandar Priyosudarmo. Dalam perkembangannya, Slamet Pramono, kapten tim Persebaya, diskorsing selama 12 bulan terhitung sejak 26 Juni 1977 melalui Keputusan Pengurus Persebaya dalam rapatnya di Kantor Persebaya, 26 Juni 1977.

(NMR)

Komentar