On this day 1977, Porkam Jaya Juarai Turnamen Antar Perusahaan Se-Jakarta

On This Day

by redaksi

On this day 1977, Porkam Jaya Juarai Turnamen Antar Perusahaan Se-Jakarta

Tanggal 12 Juni 1977, 37 tahun lalu, Porkam Jaya berhasil menjuarai kompetisi sepak bola Persapja (Persatuan Sepak bola Antarperusahaan Jakarta) setelah dalam babak final mengalahkan juara bertahan Warna Agung 1-0 melalui perpanjangan waktu di Stadion Persija, Menteng, Jakarta.

Kompetisi Persapja merupakan kompetisi yang diikuti oleh klub-klub perusahaan se-Jakarta. Sebagaimana diketahui, pada 1976 Persija sempat “pecah” menjadi empat, yaitu Persija Utara/Timur, Persija Selatan/Barat, Persepakbolaan Profesional, dan Persapja.

Pada awal 1980-an, Persija Utara/Timur dan Persija Selatan/Barat terbagi lagi menjadi Persitara (Jakarta Utara), Persijatim (Jakarta Timur), Persijasel (Jakarta Selatan), dan Persija Barat (Jakarta Barat). Dalam perkembangannya, perserikatan-perserikatan tadi, bersama Persija (Jakarta Pusat) dan Persib Bandung sebagai “tuan rumah” sempat mengikuti turnamen sepak bola Piala Galunggung 1982.

Sementara persepakbolaan profesional itu sendiri, pada era itu muncul nama-nama klub, seperti Jayakarta-nya Ir. Ciputra dan Warna Agung-nya Benny Mulyono. Klub profesional merupakan klub yang dibentuk oleh klub amatir sebagai induknya.

sumber foto: lintas.me

(NMR)

Komentar