On This Day 1987 & 1989, Platini Pensiun & Deschamps Debut

Backpass

by redaksi

On This Day 1987 & 1989, Platini Pensiun & Deschamps Debut

Hari ini adalah salah satu hari yang patut dikenang oleh masyarakat sepakbola Prancis. Tepat 29 April 1987, adalah hari terakhir kalinya Michel Platini bermain untuk tim nasional Prancis. Sementara 29 April 1989, adalah hari debut bagi Didier Deschamps untuk tim nasional Prancis.

Kedua pemain legenda tersebut adalah dua figur penting di sepakbola Prancis. Bagaimana tidak? Keduanya, selain merupakan pemain andalan timnas Prancis pada masanya masing-masing, mereka juga pernah menjabat sebagai kapten timnas Prancis dan juga sama-sama pernah membawa negaranya meraih piala bergengsi di dunia. Bahkan mereka berdua sama-sama pernah menjabat sebagai manajer timnas Prancis, dengan Deschamps yang juga masih menjabatnya sampai hari ini.

Michel Platini

Michel Platini, yang sekarang menjabat sebagai presiden UEFA, bermain untuk timnas Prancis dari tahun 1976 sampai 1987.

Ia memberikan gelar Piala Eropa (Euro) pada tahun 1984 yang ketika itu digelar di negaranya sendiri, Prancis. Saat itu Prancis berhasil mengalahkan Spanyol di final yang digelar di Parc des Princes, Paris, dengan skor 2-0. Pada pertandingan itu Platini, yang menjadi kapten Prancis, mencetak salah satu gol untuk Prancis.

Platini juga hampir membawa Prancis menjuarai Piala Dunia 1986 di Meksiko dengan menempatkan Prancis pada posisi ke tiga dengan mengalahkan Belgia 4-2 di partai perebutan tempat ke tiga. Di Piala Dunia ini Platini mencetak gol terakhirnya di level internasional ketika ia mencetak gol ke gawang Brasil di hari ulang tahunnya yang ke-31.

Platini memainkan partai terakhirnya pada hari ini 27 tahun yang lalu, pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa di kandang sendiri melawan timnas Islandia.

Sepanjang karirnya, Platini memainkan 72 penampilan untuk tim nasional Prancis, dengan 49 di antaranya ia menjadi kapten. Ia berhasil mencetak 41 gol, rekor gol yang menjadi salah satu gol terbanyak untuk timnas Prancis yang kemudian berhasil dilewati oleh Thierry Henry pada tahun 2007.

Didier Deschamps

Deschamps, yang sekarang menukangi tim nasional Prancis sejak tahun 2012, bermain untuk Prancis dari tahun 1989 sampai 2000.

Deschamps mendapatkan debut internasionalnya bersama tim nasional Prancis tepat hari ini 25 tahun yang lalu, atau 2 tahun setelah Platini pensiun dari tim nasional. Uniknya, ia dipanggil oleh manajer Prancis yang saat itu adalah Michel Platini sendiri. Saat itu ia dipanggil untuk pertandingan Prancis melawan Yugoslavia.

Ia berhasil memberikan gelar Piala Dunia pada tahun 1998 yang saat itu digelar di rumahnya sendiri, Prancis. Pada Piala Dunia kali itu, Deschamps menjabat kapten timnas Prancis dan berhasil memenangkan partai puncak melawan Brasil yang digelar di Stade de France, Saint-Denis, dengan skor 3-0.

Deschamps juga mengapteni Prancis saat mereka memenangkan Piala Eropa (Euro) 2000 di Belgia dan Belanda. Sebuah gelar yang membuat Prancis menjadi tim nasional pertama yang memegang dua gelar Piala Dunia dan Euro berturut-turut sejak Jerman Barat melakukannya pada tahun 1974. Setelah turnamen tersebut, Deschamps mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola internasional.

Ia pensiun setelah pertandingan melawan Inggris pada tahun 2000. Deschamps mendapatkan 103 penampilan bersama timnas Prancis dan berhasil mencetak empat buah gol.

(dex)

Komentar