On this day 1961, Pemain Timnas Indonesia Tewas Akibat Kecelakaan Motor

On This Day

by redaksi

On this day 1961, Pemain Timnas Indonesia Tewas Akibat Kecelakaan Motor

Berbicara tentang “kehilangan” pemain sepak bola Indonesia, kita perlu mengenang sosok Lie Kian An, pemain timnas Indonesia yang berasal dari PSIS Semarang. Ya, tepat 53 tahun lalu, Lie Kian An meninggal pada 7 Juni 1961 di Rumah Sakit Magelang akibat kecelakaan lalu lintas yang menimpa dirinya di Setjang, 6 km sebelah utara Magelang pada persimpangan jalan Semarang-Magelang dan Semarang-Wonosobo.

Ketika berada dalam sistem persepakbolaan amatir, sikap “profesionalnya” dalam dunia sepak bola masih dibarengi dengan sikap “profesionalnya” di dunia kerja. Saat itu, waktu pagi, Lie Kian An sedang bertugas dari kantornya menuju Yogyakarta dengan menaiki motor dan meninggal akibat kecelakaan lalu lintas ketika hendak pulang ke Semarang pada malamnya.

Berita wafatnya pemain kelahiran 14 Juni 1933 itu tentu saja mengejutkan publik sepak bola Indonesia saat itu. Bagaimana tidak, Lie Kian An baru tiba di Semarang pada 5 Juni 1961 seusai melakoni rangkaian Kejurnas PSSI 1961 tingkat nasional di Medan (2-4 Juni 1961). PSIS-nya sendiri bermain pada 2-3 Juni ketika melawan PSMS Medan dan Persebaya Surabaya karena pada hari ketiganya (4/6/1961) PSMS berhadapan dengan Persebaya.

Kalau anda “berprofesi” sebagai kolektor foto, anda mungkin akan memiliki foto sebelum pertandingan Persib Bandung melawan PSIS pada rangkaian Kejurnas PSSI 1961 tingkat nasional di Bandung (16-18 Juni 1961). Pada pertandingan hari ketiga di Stadion Siliwangi Bandung (18/6/1961) itu, sebelum pertandingan kedua tim, dilangsungkan lebih dahulu mengheningkan cipta untuk Lie Kian An. Pertandingannya itu sendiri berakhir 6-2 untuk kemenangan Persib.

(NMR)

Komentar