Timbunan Uang dalam Duel di Derby Manchester

Infografis

by lvan Hadyan

lvan Hadyan

Menyukai otak-atik susunan formasi sepakbola dan mengkhayalkan pergerakan keseluruhan pemain di dalamnya. Penggiat Fantasy Premier League dan statistik.

Timbunan Uang dalam Duel di Derby Manchester

Saat kedua kesebelasan kota Manchester di Liga Primer Inggris, Manchester United dan Manchester City bertemu, musim dingin pun bisa terasa panas. Pada akhir pekan ini, tanggal 10 September 2016, duel panas itu akan dimulai kembali, dengan Old Trafford yang berkesempatan sebagai tuan rumah pertama di musim 2016/2017.

Selain duel panas yang terjadi karena hubungan unik kedua manajer, pemain-pemain yang terlibat di dalamnya juga termasuk dalam kategori mewah. Jika kita melihat pada lima besar pemain dengan harga* termahal di Liga Primer Inggris versi Transfermarkt, kita dapat menemukan tiga pemain dari Manchester di dalamnya: Paul Pogba (59,5 juta paun), Kevin De Bruyne (51 juta paun), dan Sergio Agüero (juga 51 juta paun).

Dari 27 pemain yang tercantum dalam skuat Manchester United, kita mendapatkan jumlah sebesar 454,11 juta paun, mengungguli Manchester City dengan jumlah sebesar 440,3 juta paun dari 22 pemainnya. Akan tetapi, jika kita menghitung dari harga per pemain, Manchester City lebih unggul dengan rata-rata sebesar 20,013 juta paun, dibandingkan dengan Manchester United yang "hanya" memiliki rata-rata sebesar 16,819 juta paun per pemain.

Untuk melihat perbandingan lebih detil mengenai harga pemain yang saat ini terlibat di dalam kedua kesebelasan di Kota Manchester, bisa disimak pada grafis di bawah ini.

*keterangan: nilai pemain yang dicantumkan adalah bukan harga jual terakhir, namun nilai jual berdasarkan mekanisme perhitungan tertentu. Hal ini agar nilai harga tidak timpang karena ada beberapa pemain yang sudah lama dibeli.

Komentar