Legenda Itu Bernama Petr ?ech

Infografis

by Irfan Muhammad

Irfan Muhammad

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Legenda Itu Bernama Petr ?ech

Pada tahun 2004, Chelsea mendatangkan Petr Cech dari salah satu klub Ligue 1, Rennes, dengan mahar 7 juta Poundsterling. Sebelumnya Cech telah menjalani trial tahun 2003 dan Claudio Ranieri, pelatih Chelsea saat itu, menginginkan Cech untuk menjadi pengganti Carlo Cudicini. Di musim pertamanya, Cech mendapatkan gelar Golden Glove dengan clean sheet sebanyak 21 kali dan kebobolan hanya 15 kali.

Tidak hanya itu. Cech membantu Chelsea meraih gelar juara pertamanya di era Premier League dan gelar kedua liga Inggris.

Musim berikutnya , Petr Cech lebih gemilang lagi. Setelah merebut posisi Cudicini sebagai penjaga gawang utama, Cech juga merebut gelar IFFHS World's Best Goalkeeper for 2005. Pada musim itu, Cech bermain 34 pertandingan dengan kebobolan hanya 22 kali.

Penampilan solid ini berujung pada gelar Pesepakbola Terbaik Republik Ceko untuk pertama kalinya. Seperti ketagihan, di tahun-tahun berikutnya pun Petr Cech memenangkan gelar ini lagi. Tercatat 7 kali ia menyabet gelar yang menjadi kebanggaan negerinya sendiri.

Namun kegemilangan selama 10 tahun di Chelsea sepertinya sudah mulai berubah menjadi tekanan setelah Courtois, penjaga gawang yang Chelsea sekolahkan di Atletico Madrid selama 2 tahun, kembali ke London dengan performa yang menjanjikan. Pasalnya Mourinho sendiri yang mengatakan bahwa ia lebih memilih Courtois dibandingkan dengan Cech. Padahal statistik performa kedua penjaga gawang tidaklah berbeda jauh. Huruf depan nama mereka saja sama-sama C yang bisa berarti Catch atau Tangkap. Tapi Mourinho mesti mengambil keputusan yang sialnya menepikan Cech.

Jika melihat apa yang Petr Cech lakukan untuk sepakbola terhadap dirinya, tentunya keputusan Mourinho menepikannya tidaklah buruk. Semua prestasi-prestasi yang ia capai adalah materi-materi yang membuatnya menjadi legenda di akhir karir sepakbola. Mulai dari memenangi gelar  UEFA European Under-21 Championship hingga peringkat tiga UEFA European Championship, dari juara Premier League hingga UEFA Champions League dan lainnya.

Bahkan kebolehan Cech menabuh drum yang diunggah dalam viral juga menjadi kebanggaan untuk para penggemar sepakbola.

Sehingga Petr Cech seharusnya tidak khawatir jika karirnya mungkin telah berada di babak akhir. Apalagi kepindahannya ke Arsenal, dapat membuat semangatnya memenangi gelar bisa jadi kembali muncul atau mungkin juga tak sebesar seperti dahulu.

Karena Petr Cech telah melampaui banyak hal dan kami menyajikannya dalam infografis berikut.

Baca juga:

Tim Manakah yang Siap Menampung Cech?

Courtois vs Cech, Siapakah yang Terbaik untuk Chelsea?

Kemana Para Pemain Peraih Gelar Juara Pertama Chelsea?



Klik gambar untuk memperbesar

NB: Ada yang kurang? Beberapa masih ada yang locked dan mungkin performanya di Arsenal baru akan kebuka.

Atau tidak terbuka juga tidak masalah.

Komentar