Mengenal Stadion Wembley, Rumah Sepakbola Inggris

Infografis

by Irfan Muhammad

Irfan Muhammad

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Mengenal Stadion Wembley, Rumah Sepakbola Inggris

Que Sera Sera


What ever will be , will be


We're going to Wembley


Que Sera Sera


Begitu chant para penggemar Aston Villa mengetahui kesebelasan kesayangan mereka lolos ke putaran semi-final (bahkan final) FA Cup musim 2014/2015. Hari itu, Villa Park, kandang Aston Villa, bergemuruh tak henti-hentinya karena Aston Villa berhasil menghempaskan West Bromwich Albion pada babak perempat-final FA Cup. Semua penonton berhamburan masuk ke lapangan sambil bersenandung we're going to wembley. Memang benar semua akan sangat bahagia apabila tim kesayangannya mampu melenggang ke partai final suatu laga, tapi perasaan untuk datang ke Stadion Wembley adalah pengalaman yang berbeda.

Stadion Wembley Lama

Sebelum dipugar kembali dan diresmikan pada 2007, stadion Wembley lama dibangun pada 1923 yang diperuntukkan sebagai eksibisi kerajaan Inggris dan kemudian menjadi rumah sepakbola Inggris lebih dari 80 tahun. Namun kondisi stadion lama cukup buruk di mana banyak ditemukan fasilitas-fasilitas yang sudah usang dan bobrok. Asosiasi sepakbola Inggris, The FA, akhirnya memutuskan untuk menyelesaikan masalah ini dengan memugar stadion. Tindakan FA tergolong berani karena keputusan memugar stadion adalah harus meruntuhkan dua menara ikonik. Dengan biaya yang sangat mahal, FA yakin pemugaran stadion ini adalah investasi yang besar.

wembley-twin-towers-007
Menara kembar Wembley Lama yang dipugar.

Perlu diketahui bahwa stadion Wembley Lama dibangun dengan estimasi biaya 750.000 poundsterling saja jika dibandingkan dengan stadion Wembley yang baru dengan estimasi biaya mencapai 798 juta Poundsterling. Stadion Wembley lama biasa digunakan untuk gelaran partai semi-final dan final FA Cup, kejuaraan lomba balap anjing, kompetisi motor speedway dan American Football. Tanpa harus meninggalkan aktivitas stadion lama, Wembley baru pun menjadi lebih komersil. Sebagai bagian dari strategi investasi yang besar, stadion Wembley yang baru digunakan kegiatan-kegiatan lain selain sepakbola seperti sirkuit dan konser musik. Hal seperti ini adalah sah-sah saja karena sesungguhnya agar stadion terus hidup, stadion jangan hanya untuk olahraga saja.

huhu
Wembley Baru digunakan untuk sirkuit

 Wembley Baru, Kebanggaan Baru

Wembley sekarang menjadi kebanggaan baru publik britania. Pasalnya, stadion yang memiliki kapasitas 90.000 orang ini, kemungkinan menjadi stadion yang paling mahal pembuatannya.Konstruksi baja yang digunakan mencapai angka 99.000 ton dengan volume concrete 812.000 kubik. Lengkungan baja yang mengitari stadion pun terlihat cantik dengan tinggi 140 meter dan dapat dilihat hingga 21 km dari luar stadion. Alih-alih stadion megah, Wembley pun menjadi landmark kota London.

Padahal, sempat dikhawatirkan stadion tidak akan berhasil karena seharusnya deadline stadion baru adalah 2006 bersamaan dengan gelaran final FA Cup pada tahun itu. Masalah yang harus dihadapi adalah pipa pembuangan yang goyah di dalam pondasi dan beberapa baja jatuh dari atap. Masalah lainnya adalah konstruksi lengkungan sepanjang kurang lebih 300 meter yang sulit untuk dibangun. Namun masalah itu sudah diatasi dan Wembley yang baru akhirnya resmi dibuka pada tahun 2007.

Dalam infografis, kami mencoba menjelaskan lebih detail lagi.

Wembley Stadium

Karena setiap orang selalu rindu untuk pulang ke rumah, jangan heran jika setiap suporter punya lagu khusus menyambut saat mereka pulang ke "rumah".

Baca Juga:

Cerita Toilet-toilet di Stadion

Begini Cara Unik (Atau Berlebihan?) Spurs Sambut Final Piala Liga

One Direction, GBK, dan Mengapa Harus Keliru Memaki?

Jalan Panjang dan Berliku Menuju Stadion

Tikus-tikus yang Menyerbu Old Trafford

Komentar