Gelandang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 11

Fantasy Premier League

by Yudha Asmara

Yudha Asmara

Hooligans12th x PanditFootball.

Gelandang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 11

Melawan Arsenal tentu saja Pep Guardiola akan keluar dengan kekuatan penuh untuk memforsir gol, karena kata ‘bertahan’ dalam kamus sepakbola Pep mungkin sudah diganti oleh kata’rotasi’. Hampir semua gelandang Man City tampil subur,bahkan Fernandinho yang murah pun sering memberi kejutan prestasi . Justru yang berbahaya dari City adalah Peprotation serta distribusi gol yang tidak terfokus pada pemain tertentu.

Leroy Sane (Man City, £8.6) mempertahankan slot gelandang unggulan minggu lalu berkat konsistensinya dalam berprestasi. dalam lima GW terakhir, empat gol serta lima asis sudah didaftarkan atas namanya, dan hanya gagal mencetak gol-asis dalam satu laga (melawan Chelsea). Sane juga cukup bersahabat dengan poin bonus, sejauh ini mengemas 9 poin bonus, tertinggi dari semua gelandang City.

Tapi mari kita tinjau satu per satu potensi dan risiko dari para gelandang City sebagai opsi. David Silva mempunyai kepastian starter, apalagi kemarin tidak bermain di Liga Champions. Namun akhir-akhir ini ia sedang seret prestasi. Kevin De Bruyne juga tampil instrumental dan kreatif, serta dapat diandalkan pada pertandingan besar. KDB memecah kebuntuan ketika menjalani alotnya laga melawan Chelsea. Fernandinho sudah disebutkan di atas. Sterling mungkin akan kembali ke front three dan punya kans besar membuat gol, namun dia juga terdampak dari kebijakan rotasi di dua gameweek akhir.

Dua gelandang Spurs mencetak gol ke gawang Real Madrid juga memberi kita pusing kepala. Christian Eriksen dan Bamidale Alli mempunyai catatan statistik yang nyaris serupa. Dalam empat laga terakhir, Alli mencetak 9 tembakan dan 6 peluang, sementara Eriksen 8 tembakan dan 7 peluang. Torehan gol dan asisnya pun nyaris sama. Christian Eriksen (Spurs, £9.7) kami pilih berkat tugasnya sebagai pengambil bola mati jika pertahanan Palace (yang mungkin tidak diperkuat Sakho dan Van Aanholt) cukup keras kepala. Selain itu, kami memilihnya juga karena potensi asis serta persahabatannya dengan poin bonus. Eriksen sejauh ini meraih 10 poin bonus, hanya Kane (12) yang lebih akrab dengan Bonus Points.

Menghadapi pertahanan The Hammers yang sedang dirundung cedera, tentunya kans untuk mencetak gol away bagi Liverpool akan sedikit bertambah. Cederanya Mane (walau sudah beredar foto Mane sudah ikut latihan bersama tim utama) membuat kita lebih mudah membuat pilihan kepada Mohammad Salah (Liverpool, £9.2). Kecepatan dan penetrasinya akan berguna saat tandang. Statistiknya mungkin tidak perlu dipaparkan lagi, namun sebagai catatan, Mo Salah (bersama Ramsey) adalah gelandang dengan tembakan akurat terbaik dalam empat gameweek terakhir. Mo Salah juga sedang dalam top performance bersama Liverpool. Dalam empat laga terakhir bersama LFC (semua ajang), Salah selalu mencetak gol-asis, dengan total empat gol serta dua asis ditorehkannya, plus satu penalty missed, sih.

Slot keempat kembali kami percayakana pada Richarlison (Watford, £6.3). Dalam 4 gameweek terakhir, di antara para gelandang, pemain Brasil ini terbanyak membuat sentuhan dalam kotak penalti (41), tembakan (19), dan tembakan dalam kotak penalti (13). Sayangnya golnya tidak sebaik agresivitasnya.

Walau gameweek lalu tampil mengecewakan, namun Richarlison (dan Watford) adalah sosok berbeda saat tampil tandang. Saat tandang, tiga gol dan 2 asis-nya membuat dia terlibat dalam 56% gol tandang Watford, dibandingkan dengan 2 asis saat bermain di Vicarage Road. Saat tandang, 22 tembakan dilepaskannya, dibandingkan dengan 13 tembakan saat kandang dan tidak ada yang menemui sasaran. Kita harapkan saja kali ini Richarlison tidak lupa membawa goalscoring-shoes-nya, agar tidak terulang pemubaziran peluang seperti ketika di Stamford Bridge.

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW11:

Masih ada juga kesempatan untuk memenangkan hadiah dengan mengikuti Liga FPL PanditFootball.com klik di sini

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 3 November 2017.

Komentar