Abraham vs Murray, Siapa yang Lebih Potensial untuk Gameweek 11?

Fantasy Premier League

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Abraham vs Murray, Siapa yang Lebih Potensial untuk Gameweek 11?

Bagi para manajer Fantasy Premier League (FPL) yang sedang kebingungan mencari penyerang dengan bujet murah, yaitu di bawah £6.0, tenang saja karena ada banyak pilihan yang bisa diambil. Namun pada gameweek 11 ini ada dua sosok yang sepertinya akan menjadi pemain potensial untuk mendulang poin dari sektor depan, dua pemain itu adalah penyerang Glenn Murray (Brighton and Hove Albion) dan Tammy Abraham (Swansea City).

Namun Murray dan Abraham akan saling bentrok di Liberty Stadium, Sabtu (4/11) malam WIB nanti. Tidak ada masalah bila Murray dan Abraham dipasangkan dalam satu tim di gameweek 11 ini, namun itu terlalu berisiko karena berpotensi membuat poin yang dihasilkan dari lini depan tidak akan terlalu memuaskan.

Jadi akan lebih potensial andai memilih salah satu di antara Murray atau Abraham dengan memasangkannya dengan satu atau dua penyerang lain. Kami akan mencoba untuk menerka siapa yang paling potensial di antara Murray dan Abraham pada GW11 ini.

Glenn Murray (Brighton, £5.7) mampu tampil impresif dalam dua pertandingan terakhir di Liga Primer Inggris. Sosoknya kemudian menjadi perhatian para manajer FPL. Penyerang gaek berusia 34 tahun itu total mencetak tiga gol dalam dua laga terakhir bersama Brighton. Murray, yang harganya di FPL tergolong murayh, mencetak dua gol saat Brighton mengalahkan West Ham United 3-0 di London Stadium, dan satu gol dicetak Murray saat Brighton ditahan imbang 1-1 Southampton di Falmer Stadium, akhir pekan lalu.

Penampilan Murray memang meledak di GW9, namun dalam empat pertandingan terakhirnya di kompetisi domestik, Murray sudah menunjukkan penampilan gemilang bersama Brighton, dengan catatan statistik yang memuaskan.

Murray merupakan tipikal penyerang yang aktif bergerak di area kotak penalti lawan, dari empat pertandingan terakhir Murray memiliki 14 sentuhan di dalam kotak penalti, tujuh tembakan, lima peluang bersih, dan tiga gol yang sudah dilesakkannya pun dibuat di area 16 lawan. Akurasi tembakan Murray juga mencapai 71.4 persen.

Sementara itu dari sisi tuan rumah, Tammy Abraham (Swansea, £5.9) total sudah mencetak empat gol di kompetisi domestik. Sama dengan Murray, Abraham juga banyak bergerak di area kotak penalti lawan. Dalam empat pertandingan terakhir, Abraham telah mencetak dua gol, cukup produktif meski tertinggal satu gol dari Murray. Meski begitu dalam hal mencatatkan peluang di area kotak penalti Abraham lebih efektif.

Dari 12 sentuhan yang dimiliki, Abraham mampu melepaskan delapan tembakan dari area kotak penalti, yang empat di antaranya tepat mengarah ke gawang. Jadi bisa dibilang akurasi tembakan Abraham mencapai 50 persen dalam empat pertandingan yang dilakoni bersama Swansea.

Siapa lebih berpeluang untuk mendulang banyak poin?

Melihat catatan statistik antara Murray dan Abraham, tampaknya Murray jauh lebih potensial untuk mendulang poin lebih banyak ketimbang Abraham. Namun bentrokan antara Swansea melawan Brighton akan digelar di Liberty Stadium yang merupakan markas dari Swansea.

Abraham tentu memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk mencetak gol saat bertanding di rumahnya sendiri. Apalagi tiga dari total empat gol yang dicetak Abraham diciptakan di Liberty Stadium. Jadi, Abraham jauh lebih tajam bila bermain di hadapan pendukungnya sendiri.

Satu hal lain yang akan membuat Abraham berpotensi mampu mengungguli Murray adalah pertahanan Brighton yang cenderung terbuka. Dari empat pertandingan terakhir, gawang Brighton sudah kemasukan empat gol, dan 33 kali pertahanan mereka memberikan kesempatan bagi lawan untuk melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Ini akan menjadi makanan empuk bagi Abraham yang cenderung bergerak di kotak penalti lawan untuk menciptakan banyak peluang atau bahkan gol dari kotak 16 Brighton.

Selain itu, pemilihan Abraham juga bisa jadi lebih menguntungkan dalam jangka panjang, setidaknya dalam 5 GW ke depan. Swansea hanya akan bertandang ke markas Chelsea pada GW14, sementara Brighton harus berhadapan dengan dua raksasa di 5 GW ke depan, yaitu Manchester United (tandang) di GW13 dan Liverpool (kandang) di GW15.

Status, harga, dan kepemilikan pemain akurat per 2 November 2017.

Foto: 90 Min

Komentar