Tips Mengawali FPL 2017/18: Perhatikan Jadwal untuk Ngebut di Awal

Fantasy Premier League

by Pandit Fantasy Premier League

Pandit Fantasy Premier League

Scout dari Pandit Football Indonesia untuk Fantasy Premier League 2017/2018. Good luck, FPL managers. Salam panah hijau!

Tips Mengawali FPL 2017/18: Perhatikan Jadwal untuk Ngebut di Awal

Liga Primer Inggris akan segera dimulai. Kalimat barusan adalah kabar gembira untuk kita semua pecinta sepakbola, terutama pecinta Liga Primer, dan paling utama lagi adalah: para manajer Fantasy Premier League alias FPL.

Seolah ingin dilibatkan juga pada permainan, kita dipersilakan menyusun tim untuk mengarungi setiap gameweek (pekan pertandingan, disingkat GW), sehingga pemilihan pemain-pemain di dalam tim kita akan sangat berpengaruh kepada penampilan kita di klasemen fantasi.

Beberapa hal harus diperhatikan sebelum kita memilih pemain-pemain FPL kita. Jangan khawatir, kita masih dipersilakan untuk membongkar-pasang tim kita sampai tenggat waktu (deadline) GW1 yang akan jatuh pada Hari Sabtu, 12 Agustus 2017, pukul 00:45 WIB.

Pertandingan pertama Liga Primer 2017/2018 sendiri akan berlangsung pada Sabtu, 12 Agustus 2017, pukul 01:45 WIB antara tuan rumah Arsenal menghadapi Leicester City.

Selagi kita dipersilakan memilih pemain seenak jidat asal tidak melebihi bujet, berikut adalah hal esensial yang harus para manajer FPL perhatikan dalam memilih pemain-pemain di tim fantasi masing-masing: jadwal.

Jadwal lima pertandingan pertama adalah kunci

Memilih pemain dengan nama-nama besar mungkin dianggap menjadi pilihan yang aman untuk mengawali FPL. Tapi itu tidak sepenuhnya bisa dilakukan, kecuali kamu ingin menyetel tim kamu untuk kemudian meninggalkannya dalam beberapa pekan.

Misalnya saja untuk awal musim nanti, Chelsea memiliki lima jadwal awal yang cukup tricky. Mereka memang terlihat akan menang melawan tamunya, Burnley, di GW1. Tapi tantangan menanti mereka di GW2 sampai GW5, yaitu berturut-turut adalah Tottenham Hotspur (tandang), Everton (kandang), Leicester City (t), dan Arsenal (k).

Selain itu, kita juga harus memerhatikan jika liga-liga sepakbola di Eropa, termasuk Liga Primer, akan beristirahat sejenak dari GW3 ke GW4. Di antara kedua GW tersebut akan dilangsungkan jeda internasional yang juga bisa menjadi tricky.

Beberapa pemain andalan di tim nasional bisa saja cedera sehingga kita harus mengganti mereka di GW4. Hal-hal yang tak terduga seperti ini harus bisa diminimalisir dengan perkiraan-perkiraan yang diperhitungkan.

Tidak mengherankan juga, GW3 adalah GW terakhir sebelum deadline jendela transfer ditutup. Bisa saja ada jagoan kita yang tiba-tiba pindah ke luar Liga Primer (alert untuk para pemilik Philippe Coutinho) atau ada jagoan baru yang menggiurkan yang pindah ke Liga Primer (misalnya Ivan Perisic).

Ini yang menjadi alasan biasanya banyak orang akan langsung memainkan wildcard mereka di GW4 atau GW5. Meskipun ini wajar, tak ada salahnya untuk mempersiapkan tim sebaik (bukan sehebat) mungkin di awal FPL.

Selain itu, Liga Champions UEFA dan Liga Europa UEFA juga akan dimulai sebelum GW5 di mana Chelsea, Tottenham Hotspur, Manchester City, Liverpool, Arsenal, dan Manchester United akan terlibat di dalamnya, serta Everton juga kemungkinan akan terlibat jika berhasil memenangkan pertandingan play-off Liga Europa menghadapi wakil asal Kroasia, Hajduk Split.

Membaca jadwal untuk kemudian menerjemahkannya ke dalam pemain-pemain pilihan memang tidak semudah kelihatannya, Untuk itulah kami mengelompokkan beberapa kesebelasan berdasarkan lima GW awal untuk menentukan prioritas pemain di tim fantasi kita semua.

Jadwal ringan

Tidak mudah memprediksi pertandingan-pertandingan di liga seketat Liga Primer. Tapi kami akan mencoba memperkirakannya sebaik mungkin.

Crystal Palace: Huddersfield Town (k), Liverpool (t), Swansea City (k), Burnley (t), Southampton (k)
Di pra-musim, Palace sering memainkan skema tiga bek dengan gelandang Andros Townsend (£6.0) dan bek Jeffrey Schlupp (£5.0) sebagai wing-back. Penyerang Christian Benteke (£8.0) dan gelandang Wilfried Zaha (£7.0) menjadi pemain yang umumnya dipilih dari kesebelasan asal London ini. Tapi Ruben Loftus-Cheek (£4.5) juga menjadi pilihan yang menarik mengingat harganya yang murah dan kemungkinan ia akan mendapatkan kesempatan bermain setelah dipinjamkan dari Chelsea.

Manchester United: West Ham United (k), Swansea (t), Leicester (k), Stoke City (t), Everton (k)
Beberapa pemain yang anti-rotasi dari Manchester United antara lain adalah kiper David De Gea (£5.5), bek Antonio Valencia (£6.5), dan gelandang Paul Pogba (£8.0). Nama terakhir akan sangat menarik karena dengan kehadiran Nemanja Matic, bisa membuat Pogba lebih bebas dan bisa menunjukkan aksi-aksi menyerangnya. Jangan lupakan juga penyerang Romelu Lukaku (£11.5) yang mendulang 221 poin FPL di musim lalu ketika berseragam Everton, dan sejauh ini sudah mencetak dua gol di pra-musim. Namun sebelum memilih pemain dari United, kita harus memantau terlebih dahulu hasil pertandingan Piala Super Eropa tengah pekan depan, siapa tahu jagoan-jagoan di atas menderita cedera.

Southampton: Swansea (k), West Ham (k), Huddersfield (t), Watford (k), Crystal Palace (t)
Sepanjang pra-musim, penyerang Charlie Austin (£6.5) sudah mencetak dua gol. Bek Cédric Soares (£5.0) juga menjadi pemain yang paling menarik dipilih meskipun masih ada kemungkinan manajer baru mereka, Mauricio Pochettino Pellegrino, akan memainkan Jérémy Pied. Begitu juga dengan bek sayap Ryan Bertrand (£5.5) yang berhasil mencatatkan 123 poin di FPL musim lalu meskipun masih ada Matt Targett yang membuat dua asis sepanjang pra-musim.

West Bromwich Albion: Bournemouth (k), Burnley (t), Stoke (k), Brighton & Hove Albion (t), West Ham United (k)
Karena jadwal yang dianggap cukup mudah ini, banyak yang memperkirakan pertahanan WBA akan mendulang poin terutama dari nirbobol (clean sheet). Tidak mengherankan, kiper Ben Foster (£4.5) dipilih oleh lebih dari 16% manajer FPL. Selain Foster, duet bek Gareth McAuley (£5.0) yang mencatatkan 131 poin musim lalu dan Craig Dawson (£5.0) juga menjadi perimbangan meskipun keduanya memiliki “tanda seru” alias cedera, walaupun hanya cedera minor. Kemudian gelandang Nacer Chadli (£6.0) dan penyerang Jay Rodriguez (£6.0) juga masuk radar karena penampilan apik mereka di pra-musim.

Jadwal berat

Burnley: Chelsea (t), West Brom (k), Spurs (t), Crystal Palace (k), Liverpool (t)
Melihat lima laga di atas, akan sulit melihat Burnley bisa memenangkan tiga saja di antaranya. Tapi jangan remehkan mereka terutama lini pertahanan yang dijaga oleh Tom Heaton (£5.0) dan bek Ben Mee (£4.5) yang berpotensi menjadi bek murah yang sering bermain akibat sudah terjualnya Michael Keane ke Everton.

Chelsea: Burnley (k), Spurs (t), Everton (k), Leicester (t), Arsenal (k)
Menjadi juara bertahan, Chelsea langsung menghadapi jadwal yang berat di awal Liga Primer. Pilihan yang umum bagi pemain Chelsea adalah bek Marcos Alonso (£7.0) yang mencatatkan 177 poin FPL musim lalu. Posisinya sebagai bek, meskipun harganya cenderung mahal, tetap membuatnya banyak dipilih karena ancaman poin menyerangnya berupa asis dan gol. Cederanya Eden Hazard membuat Willian (£7.0) juga bisa menjadi pilihan, apalagi ia sudah mencatatkan empat gol dan satu asis di pra-musim sebelum Community Shield.

Everton: Stoke (k), Man City (t), Chelsea (t), Spurs (k), Man United (t)
Sebenarnya banyak pemain Everton yang menarik, salah satunya adalah Wayne Rooney (£7.5) yang kemungkinan akan menjadi penyerang lagi. Begitu juga bek Leighton Baines (£6.0) yang menjadi ancaman utama dari bola mati. Bek Cuco Martina (£4.5) juga bisa dipertimbangkan sebagai bek murah yang bermain karena Seamus Coleman masih harus absen akibat patah kaki. Sayangnya, kita tidak bisa sembarangan memasukkan pemain-pemain Everton karena jadwal mereka tergolong berat.

Leicester: Arsenal (t), Brighton (k), Man United (t), Chelsea (k), Huddersfield (t)
Jajaran pemain bertahan Leicester tergolong murah, tapi kamu sebaiknya tidak membeli mereka di awal-awal karena jadwal yang berat, kecuali kamu sangat percaya diri. Satu-satunya pemain mereka yang terlihat menarique adalah Kelechi Iheanacho (£7.0), itupun masih tetap berisiko.

Stoke: Everton (t), Arsenal (k), West Brom (t), Man United (k), Newcastle (t)
Sama seperti Leicester, pemain-pemain bertahan Stoke memiliki rentang harga yang rendah. Tapi sejujurnya, melihat jadwal di atas, sangat sulit melihat Stoke bisa ngebut di awal. Jadi, mungkin sebaiknya hindari pemain-pemain The Potters sampai mereka bisa menunjukkan sebaliknya.

Jadwal gampang-gampang susah

Brighton: Man City (k), Leicester (t), Watford (t), West Brom (k), Bournemouth (t)
Kesebelasan promosi ini memiliki jadwal yang relatif oke sejak GW2, namun kita masih harus melihat permainan mereka di Liga Primer. Kesebelasan yang baru promosi biasanya akan bermain lebih defensif dan mengandalkan serangan balik, sehingga akan lebih bijak jika kita memilih pemain-pemain seperti kiper Matthew Ryan (£4.5) yang sudah berpengalaman di Eropa, atau Markus Suttner (£4.5) yang di pra-musim mencatatkan dua asis serta musim lalu di Bundesliga juga mencatatkan 4 gol dan 5 asis. Gelandang Pascal Groß (£5.5) juga bisa menjadi pertimbangan untuk alternatif yang lebih murah daripada jagoan utama mereka, Anthony Knockaert (£6.0).

Huddersfield: Crystal Palace (t), Newcastle (k), Southampton (k), West Ham (t), Leicester (k)
Sama seperti poin Brighton, Huddersfield malah lebih defensif sedari di Championship. Salah satu pemain yang menjadi pertimbangan adalah bek sayap Chris Löwe (£4.5) yang cukup produktif musim lalu. Sementara gelandang Tom Ince (£6.0) adalah pemain yang dianggap paling memberikan ancaman pada pertahanan lawan. Jika kamu cukup percaya diri dengan kesebelasan promosi ini, dua pemain di atas bisa dipertimbangkan mengingat jadwal mereka lumayan oke untuk awal-awal ini.

Newcastle: Spurs (k), Huddersfield (t), West Ham (k), Swansea (t), Stoke (k)
Kesebelasan promosi lainnya adalah Newcastle yang kami anggap memiliki jadwal yang lumayan oke sejak GW2. Kiper Robert Elliot (£4.0) termasuk pemain yang kami rekomendasikan, bukan karena penampilannya, tapi karena harganya. Penyerang Dwight Gayle (£6.5) juga menjadi salah satu pemain yang kami awasi karena kecepatannya. Selain itu, mantan penyerang Palace ini juga berhasil mencetak 23 gol dari 32 pertandingan untuk Newcastle di Championship musim lalu. Sejujurnya, di antara tiga kesebelasan promosi, The Magpies adalah satu-satunya yang sudah berpengalaman di Liga Primer.

West Ham: Man United (t), Southampton (t), Newcastle (t), Huddersfield (k), West Brom (t)
Kesebelasan asal London ini sebenarnya memiliki jadwal yang oke sejak GW2, namun yang membuat tricky adalah karena tiga GW pertama mereka harus melakukan pertandingan tandang. Jika itu tidak masalah, maka penyerang Chicharito (£7.0) adalah salah satu pemain yang harus diwaspadai karena kecerdikannya mencari posisi.

***

Secara umum, kamu bisa memilih pemain-pemain dari kesebelasan dengan jadwal ringan untuk mengawali musim ini. Untuk sementara juga hindari dahulu pemain-pemain dari kesebelasan dengan jadwal berat agar kamu bisa memaksimalkan perolehan poin di awal untuk ngebut duluan meninggalkan mereka-mereka yang hanya terpaku pada nama besar.

Selain kesebelasan yang dibahas di atas, kita masih bisa memilih pemain-pemain yang umumnya menjanjikan seperti pemain-pemain Arsenal, Manchester City, dan Spurs. Sementara untuk Liverpool, kami sendiri masih pusing karena saat ini mereka memiliki “trio sakit kepala” yang baru: Sadio Mane, Philippe Coutinho (jika tidak pindah), dan Mohamed Salah, sementara Roberto Firmino sudah terdaftar sebagai penyerang untuk FPL musim ini.

Apapun itu, selamat mengawali FPL kamu, dan semoga bisa ngebut di awal. Ingat, habis GW3 sudah jeda internasional. Ingat-ingat, GW4 adalah GW pertama setelah deadline jendela transfer Liga Inggris. Ingat-ingat-ingat, Liga Champions dan Liga Europa sudah dimulai setelah GW4. Jadi... ingat-ingat-ingat-dan-ingat: jadwal adalah koentji! Salam panah hijau!

Setelah membaca tips di atas silakan uji tim kalian dengan bergabung ke Liga FPL berhadiah dari PanditFootball.com di sini

Komentar