Cara Bermain Fantasy Premier League (FPL)

Fantasy Premier League

by Ammar Mildandaru Pratama 84117 Pilihan

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@gmail.com

Cara Bermain Fantasy Premier League (FPL)

Permainan Fantasy Premier League atau yang biasa disingkat FPL sekarang sudah menjadi tren. Cara bermainnya yang sederhana dan mudah membuat jumlah pesertanya terus bertambah.

FPL adalah permainan berbasiskan situs dan aplikasi. Para peserta diharuskan menyusun kesebelasan fantasi yang berasal dari para peserta Liga Primer Inggris setiap pekannya. Pemain pilihannya tersebut kemudian akan menghasilkan poin berdasarkan tindakannya di lapangan.

Poin yang ada bisa positif maupun negatif, sekali lagi tergantung statistik pemainnya di lapangan. Misalkan tindakan-tindakan seperti menerima kartu atau gol bunuh diri, poinnya akan negatif. Sebaliknya, aksi seperti cetak gol, memberi asis, penyelamatan oleh kiper akan memeroleh poin positif.

Sebenarnya ada banyak permainan fantasi serupa, bahkan tak cuma di sepakbola. Tetapi Fantasy Premier League (FPL) adalah salah satu yang terpopuler sekarang. Kepopulerannya tentu saja terkatrol oleh Liga Primer Inggris itu sendiri.

Bagaimana Cara Bermainnya?

Setelah melewati proses registrasi di situs resminya di fantasy.premierleague.com atau aplikasi mobile kalian langsung diminta untuk menyusun tim. Tim ini berjumlah 15 orang termasuk cadangan, yang terdiri dari 2 kiper, 5 bek, 5 gelandang, dan 3 penyerang. Seluruh skuat tak boleh bernilai lebih dari 100 juta paun, berdasarkan harga yang tertera di sana. Maksimal kalian juga hanya bisa mengambil 3 pemain dari 1 kesebelasan yang sama.

Selain melalui situs web, fantasy Premier League juga ada di aplikasi untuk Android dan iOS

Setelah skuat terbentuk langkah selanjutnya adalah memilih 11 pemain starter dengan sisanya jadi cadangan. Hanya pemain yang ada di starter yang akan memperoleh poin dari aksinya. Sedangkan cadangan berfungsi menggantikan otomatis jika starter yang dipilih tadi tak bermain di aksi nyata, sesuai dengan posisinya.

Tak hanya itu, kalian juga diwajibkan memilih kapten beserta wakilnya. Kapten adalah pemain yang poinnya akan digandakan, sehingga harus dipilih dengan cermat sesuai performa. Sementara wakil kapten adalah pemain yang menggantikan posisi kapten jika tak bermain, persis seperti pemain cadangan tadi.

Semua langkah di atas harus dilakukan sebelum tenggat waktu setiap pekannya (gameweek) yakni satu jam jelang kick-off. Namun untuk skuat yang berjumlah 15 orang bersifat tetap dan hanya bisa dilakukan pergantian melalui proses transfer pemain.

Transfer ini hanya bisa dilakukan sekali tiap pekannya. Jika melakukan transfer lebih dari sekali tiap pekan maka total poin akan dikurangi 4, berlaku kelipatan. Harga pemain juga akan terus berubah berdasarkan performanya di lapangan.

Sistem Poin

Selama satu musim penuh, pemain-pemain di skuat kalian akan mengumpulkan poin setiap pekannya. Poin ini kemudian akan dikalkulasikan hingga akhir musim. Tim dengan poin tertinggi akan menjadi peringkat pertama klasemen liga.

Aksi Di Lapangan

Poin

Bermain 0-60 menit

1

Bermain lebih dari 60 menit

2

Setiap mencetak 1 gol untuk posisi kiper atau bek

6

Setiap mencetak 1 gol untuk posisi gelandang

5

Setiap mencetak 1 gol untuk posisi penyerang

4

Setiap mencetak 1 asis untuk semua posisi

3

Tidak kebobolan untuk kiper atau bek (minimal main 60 menit)

4

Tidak kebobolan untuk gelandang (minimal main 60 menit)

1

Setiap 3 penyelamatan untuk kiper

1

Setiap menyelamatkan penalti

5

Gagal melakukan penalti

-2

Bonus poin untuk pemain terbaik*

1-3

Setiap kebobolan 2 gol bagi kiper atau bek

-1

Mendapatkan kartu kuning

-1

Mendapatkan kartu merah

-3

Melakukan gol bunuh diri

-2

*Bonus poin dihitung berdasarkan statistik lain yang tak tertera pada tabel di atas

Untuk menambah poin, kalian dapat menggunakan chips yang tersedia. Namun karena hanya bisa dipakai secara terbatas, penggunaanya harus diperhitungkan secara matang.

Nama

Efek

All Out Attack

Dapat menggunakan formasi 2-5-3 pada pekan selanjutnya.

Bench Boost

Poin yang didapatkan oleh pemain cadangan di pekan selanjutnya akan dihitung.

Triple Captain

Jumlah poin yang didapatkan oleh kapten akan dikali 3 pada pekan selanjutnya.

Wildcard

Dapat melakukan transfer dengan jumlah pemain tak terbatas pada pekan tersebut.

The All Out Attack, Bench Boost , dan Triple Captain hanya dapat digunakan masing-masing sekali sepanjang satu musim. Cara mengaktifkannya ada pada menu saat menyusun pemain setiap pekannya. Sementara itu Wildcard bisa digunakan dua kali sepanjang musim, yakni sekali pada sebelum dan sesudah pergantian putaran (31 Desember 2016).

Bergabung atau Membuat Liga dan Hadiah

Setelah melalui proses-proses tadi maka langkah terakhir untuk bermain adalah bergabung ke liga yang ingin kalian ikuti. Pada dasarnya setiap manajer yang terdaftar otomatis sudah ikut ke beberapa liga di dalam Global League. Liga-liga tersebut adalah liga keseluruhan pemain FPL, berdasarkan negara peserta, kesebelasan favorit, pekan memulai main FPL, dan Fantasy Cup.

Di FPL ada juga Private League yang dapat kalian ikuti. Kalian dapat bergabung dengan komunitas-komunitas yang ada dengan cara meminta kode untuk bergabung. Pilihan lain juga bisa membuat liga sendiri dan mengundang teman kalian, jumlah peserta di setiap liga tidak terbatas.

Pengelola FPL menyediakan hadiah yang melimpah, mulai dari tiket menonton Liga Primer beserta akomodasi, permainan FIFA 17 beserta konsolnya, tablet komputer, dan sebagainya. Selain pemenang utama pada akhir musim, ada juga pemenang mingguan dan bulanan. Silakan cek situs FPL untuk mengetahui daftar hadiah lengkapnya.

Agar lebih menarik, kalian bisa menetapkan hadiah sendiri bersama komunitas yang diikuti pada Private League. Namun biasanya pada setiap komunitas besar selalu ada hadiah yang ditetapkan oleh penyelenggaranya.

Mari bergabungdenganLigaPanditFootball.com dengan memasukkan kode berikut

6512-2343

*Kalian juga bisa melakukan promosi liga dengan menyertakan keterangan komunitas di kolom komentar artikel ini.

Simak juga tips untuk mengatur skuat setiap pekan di PanditFootball.com.

Komentar