Cara dan Aturan Main UEFA Euro 2016 Fantasy Football

Football Culture

by Ardy Nurhadi Shufi 34626

Ardy Nurhadi Shufi

Pemimpin Redaksi | Pesepakbola Tarkam | Juru Taktik
ardynshufi@gmail.com

Cara dan Aturan Main UEFA Euro 2016 Fantasy Football

Bagi penggemar permainan fantasy football, siapkan diri kalian. UEFA, bekerja sama dengan sebuah restoran makanan cepat saji, memiliki permainan Fantasy Football untuk Piala Eropa 2016 bernama UEFA Euro 2016 Fantasy Football. Seperti apa UEFA Euro 2016 Fantasy Football?

Kalian akan memilih 15 pemain di awal permainan. Dari jumlah tersebut, setiap tim harus memilih dua penjaga gawang, lima pemain bertahan, lima pemain gelandang, dan tiga pemain depan. Ke-15 pemain tersebut dipilih dengan syarat tidak boleh melewati batas budget masing-masing pemain, yakni 100 juta euro.

Dalam tim yang kalian bentuk, di babak grup, hanya boleh memilih tiga pemain yang bermain di satu kesebelasan. Sementara ketika memasuki babak 16 besar, jumlah tersebut bertambah menjadi empat pemain dari satu kesebelasan. Di babak perempat final lima pemain, di babak semifinal enam pemain, dan di babak final delapan pemain.

Per matchday, nantinya kita memilih 11 pemain sebelum deadline matchday tersebut. Jumlah poin yang didapatkan adalah jumlah poin yang didapat dari 11 pemain utama yang kita pilih, poin pemain yang kita cadangkan tidak dihitung. Tapi jika ada pemain yang kita pilih untuk 11 pemain ternyata tidak bermain, secara otomatis akan digantikan dari pemain cadangan.

Untuk memaksimalkan poin, kita bisa memilih berbagai formasi. Dalam formasi yang tersedia, setidaknya harus ada satu kiper,minimal tiga pemain untuk pemain belakang, dua pemain untuk gelandang, serta minimal satu pemain untuk penyerang.

Dari 11 pemain tersebut, kita nantinya memilih kapten tim. Kapten yang kita pilih tersebut merupakan pemain yang kita percayai dapat menorehkan banyak poin, karena poin pemain yang menjadi kapten akan didua kali lipatkan. Jika ternyata kapten kita tidak bermain, maka tidak ada dari tim kita yang mendapatkan double points.

Setelah satu pertandingan dijalani, atau sebelum pertandingan berikutnya dimulai, kita bisa melakukan beberapa perubahan. Dimulai dari mengganti pemain yang memiliki poin rendah ((kecuali mendapatkan kartu merah) dengan pemain cadangan yang belum bermain, dan mengganti kapten dengan pemain yang belum bermain.

Jumlah pergantian ini bisa dilakukan sebanyak jumlah pemain cadangan yang belum bermain tersedia. Tapi yang perlu diketahui, penggantian ini membuat poin pemain yang pemain kita ganti akan menjadi 0 alias tidak dihitung. Dan jika kapten baru yang kita pilih ternyata tidak bermain, maka tidak ada penggantian kapten secara otomatis.

Pergantian secara otomatis memang hanya diberikan pada posisi yang pemainnya tidak diturunkan. Misal jika kiper utama kita tidak bermain, maka kiper cadangan akan secara otomatis menggantikannya, yang tentu saja kiper cadangannya tersebut bermain dengan timnya.

Sementara untuk posisi selain kiper, pergantian otomatis akan disesuaikan dengan masing-masing posisi, misal pemain depan dengan pemain depan. Namun kita juga bisa mengatur prioritas untuk pergantian otomatis di halaman ‘My Team’.

Sebelum matchday pertama dimulai, kita bisa melakukan pergantian pemain (transfer) tanpa mendapat pengurangan poin. Sementara ketika matchday pertama sudah bergulir, pergantian pemain dengan pemain baru (transfer) hanya bisa satu kali yang tanpa mengurangi poin. Jika free transfer kita sudah digunakan namun pergantian pemain baru (transfer) dilakukan, maka poin kita akan berkurang empat poin.

Selama babak grup, setiap matchday hanya mendapatkan satu kali free transfer. Di babak 16 besar, kita kembali dibebaskan untuk mengatur tim kembali seperti sebelum matchday pertama. Namun setelah perempat final, empat pemain yang boleh diganti tanpa mengurangi poin. Sedangkan untuk semifinal dan final, enam pemain yang boleh diganti secara cuma-cuma (yang tentunya harus sesuai budget.

Harga pemain yang ada saat ini, akan berubah ketika Piala Eropa sudah menyelesaikan seluruh pertandingan babak grup. Perubahan harga pemain akan bergantung pada penampilan setiap pemain selama babak grup tersebut.

Sementara itu, sama seperti Fantasy Premiere League (FPL), UEFA Euro 2016 Fantasy Football pun memiliki wildcard. Wildcard ini berfungsi untuk melakukan transfer tanpa mengurangi poin. Jika kita menggunakan wildcard, maka kita bisa melakukan transfer dua pemain tanpa mengurangi poin. Namun ingat, wildcard hanya bisa digunakan sekali sepanjang Piala Eropa 2016 ini.

Dalam memilih pemain, pertimbangkan aspek-aspek yang bisa memberikan poin pada pemain yang kita pilih. Apa saja aspek yang menjadikan poin bagi setiap pemain? Berikut rinciannya:

Bermain = 1 poin
Bermain setidaknya 60 menit (termasuk poin bermain di atas) = 2 poin
Kiper atau bek mencetak gol = 6 poin
Gelandang mencetak gol = 5 poin
Penyerang mencetak gol = 4 poin
Mencetak asis = 3 poin
Menghasilkan penalti = 2 poin
Kiper tidak kebobolan (setidaknya harus bermain 60 menit) = 4 poin
Bek tidak kebobolan (setidaknya harus bermain 60 menit) = 4 poin
Gelandang tidak kebobolan (setidaknya harus bermain 60 menit) = 1 poin
Kebobolan penalti = -1 poin
Gagal mengeksekusi penalti =-2 poin
Kiper menggagalkan penalti = 5 poin
Kartu kuning = -1 poin
Kartu merah (termasuk minus kartu kuning di atas) = -3 poin
Setiap tiga penyelamatan kiper = 1 poin
Mencetak gol bunuh diri = -2 poin

Bagaimana? Sudah paham cara mainnya? Untuk memulai silakan buka tautan ini: http://eurofantasy.uefa.com/en/fantasy16/create-team. Diharuskan login/register agar bisa memainkan Fantasy Football Euro 2016 ini. Kalian juga bisa membukanya melalui aplikasi bernama `UEFA Euro 2016 Fantasy` dari smartphone kalian.

Ketika kita sudah membentuk tim, kita secara otomatis tergabung ke dalam ‘liga’ yang diselenggarakan UEFA. Dengan bermain UEFA Euro 2016 Fantasy Football ini, kita berkesempatan mendapatkan hadiah seperti jersey, bola original Euro 2016, game original Pro Evolution Soccer 2016, sepatu sepakbola, dan smartphone. Tentu saja kita harus bersaing dengan para pemain di seluruh dunia dan harus selalu memiliki poin tertinggi.

Jika kalian ingin bergabung dengan liga yang PanditFootball buat, silakan masukkan kode 7718001K. Kalian juga bisa membuat ‘liga privat’ kalian sendiri untuk diikuti bersama teman-teman kalian. Selamat bermain!

Ikuti Euro Fantasy berhadiah voucher belanja total senilai 2 juta rupiah dengan cara klik gambar di bawah ini:

Komentar