Buku Kumpulan Taktik Sepakbola dari Pandit Football

Editorial

by Ammar Mildandaru Pratama 46588 Pilihan

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@gmail.com

Buku Kumpulan Taktik Sepakbola dari Pandit Football

Secara sederhana, gol merupakan tujuan utama dimainkannya sepakbola. Selama 90 menit, dua kesebelasan saling melancarkan serangan untuk menentukan siapa yang meraih kemenangan di akhir pertandingan.

Tapi untuk menentukan siapa yang menang tidaklah mudah. Menggulirkan bola dari kaki ke kaki hingga bermuara di jaring lawan tidaklah gampang. Seperti kata legenda sepakbola Belanda, Johan Cruyff, meski sepakbola adalah olahraga sederhana, bukan perkara mudah memainkan sepakbola dengan sederhana.

Buku Taktik Pandit Football Indonesia ini sedikit banyak menjelaskan tentang ketidaksederhanaan sepakbola itu. Dari hal kecil seperti peran, posisi dan arketipe, taktik secara menyeluruh seperti bagaimana sebuah kesebelasan membangun serangan, hingga sejarah dan perkembangan sejumlah taktik, dijelaskan secara komprehensif dalam buku ini.

Buku ini merupakan kumpulan tulisan-tulisan penulis Pandit Football Indonesia bertema taktik yang sudah dipublikasikan dalam rentang waktu 2014 hingga 2016. Karenanya selain membahas tentang taktik dan strategi di liga-liga top Eropa bahkan Indonesia, hal-hal menarik dari taktik di Piala Dunia 2014 hingga Piala Eropa 2016 pun tak luput dari pembahasan.

Lebih jauh, buku ini diharapkan bisa menjadi pedoman bagi kita semua dalam memahami taktik sepakbola. Ya, karena dengan memahami ketidaksederhanaan sepakbola dengan segala taktiknya, kita bisa lebih menikmati kecintaan kita terhadap sepakbola, baik itu dalam memainkannya, membicarakannya, hingga menontonnya sekalipun.

― Ardy Nurhadi Shufi, Redaktur Pelaksana


Buku digital ini bisa didapatkan secara gratis dengan cara membaginya ke Facebook atau Twitter melalui proses di bawah ini. Sistem kemudian akan melakukan verifikasi apakah tautan telah dibagikan, jika sudah maka akan muncul tautan langsung ke bukunya. Apabila tombol tidak muncul, silakan untuk mengunduhnya di tautan berikut.

Komentar