Sami Khedira Sosok yang Tepat Untuk Gantikan Gerrard

Editorial

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Tidak bisa berbahasa Finlandia.

Sami Khedira Sosok yang Tepat Untuk Gantikan Gerrard

Menanggapi keputusan Steven Gerrard, Liverpool Echo mengeluarkan daftar nama berisi sembilan kandidat pengganti pemain berusia 34 tahun tersebut. Bukan untuk menggantikan Gerrard sebagai kapten, karena peran tersebut kemungkinan besar akan dimainkan oleh Jordan Henderson, melainkan selaku gelandang bertahan, posisi yang belakangan dimainkan oleh Gerrard.

Surat kabar lokal Kota Liverpool dan sekitarnya tersebut tidak menyertakan Lucas Leiva dalam daftar yang mereka keluarkan, dan Liverpool Echo membagi sembilan pemain pilihan mereka ke dalam tiga kelompok.

Kelompok pertama berisi para pemain yang sudah dimiliki oleh Liverpool: Jordan Henderson, Emre Can, dan Jordan Rossiter.

Echo menyebut Henderson sebagai the obvious candidate. Mereka menyebut tiga tahun pengalaman bermain di Liverpool sebagai salah satu nilai jual terbaik Henderson. Namun Echo juga tidak lupa bahwa Henderson lebih baik ketika tampil sebagai gelandang serang, walau dirinya tak asing dengan peran gelandang bertahan.

Bukan kandidat paling tepat. Meminjam pandangan Echo, Henderson lebih tepat sebagai solusi jangka panjang. Bisa jadi ia, jika bertahan lama di Liverpool, akan seperti Gerrard: semakin tua, bermain semakin dalam. Kalaupun pada akhirnya Henderson benar-benar mengikuti jejak Gerrard, jelas ia tidak akan melakukannya saat ini juga.

Can dan Rossiter juga bukan kandidat yang tepat. Keduanya memang dapat bertahan dan menyerang dengan sama baiknya, dan jika proses perkembangan keduanya difokuskan kepada satu peran saja, baik Can maupun Rossiter dapat menjadi gelandang bertahan andalan Liverpool di masa depan. Namun Rodgers menginginkan seorang pemain yang sudah matang untuk memainkan peran Gerrard.

Pemain yang Rodgers cari bisa jadi berada di kelompok kedua: para bintang. Para pemain yang mengisi kelompok ini adalah Paul Pogba (Juventus), William Carvalho (Sporting Lisbon), dan Sami Khedira (Real Madrid).

Lupakan usia muda Pogba dan Carvalho, karena untuk menjadi pemain matang, siapapun tak perlu menjadi tua. Terlepas dari usia muda, keduanya sudah memiliki cukup kemampuan untuk menggantikan Gerrard. Namun usaha Liverpool untuk menggaet keduanya tidak akan mudah. Pogba berharga mahal sedangkan Carvalho diminati oleh banyak klub besar.

Karenanya, Khedira menjadi kandidat paling kuat. Secara usia dan permainan, kematangan Khedira tidak perlu dipertanyakan. Ia sudah teruji dan terbukti. Poin positif lainnya, Khedira sudah dapat mulai didekati sejak saat ini juga. Kontraknya di Madrid akan berakhir pada 30 Juni nanti.

Namun jika Khedira tidak mungkin didapatkan dan Liverpool memang benar-benar ingin mendapatkan pemain berkualitas tanpa harga mahal, mereka bisa melirik daftar ketiga dari Echo, yang berisikan Gianelli Imbula (Olympique de Marseille), Mateo Kova?i? (Inter Milan), dan Roman Neustadter (FC Schalke 04). Statistik permainan mendukung opini mengenai kehebatan ketiganya.

Selain itu, Imbula dan Kova?i? sama-sama memiliki potensi besar dan masih sangat muda. Neustadter, bagaimanapun, bukan pilihan tepat. Dengan usia 26 tahun, ia memang dapat menawarkan pengalaman. Namun Khedira juga bisa memberikan hal serupa dan ia dapat didatangkan dengan cuma-cuma.

Atas semua pertimbangan di atas, saya rasa Khedira merupakan kandidat paling tepat.

Komentar