Duh, Betapa Mahalnya Barisan Pertahanan PSG!

Cerita

by redaksi

Duh, Betapa Mahalnya Barisan Pertahanan PSG!

Chelsea telah mengkonfirmasi kepergian bek tengah mereka, David Luiz, ke Paris Saint Germain (PSG) pada bursa transfer musim panas ini. Sesuai pemberitaan di berbagai media, estimasi biaya perpindahan pemain asal Brazil itu sekitar 40 juta poundsterling.

">@DavidLuiz_4, subject to him agreeing terms & passing medical. http://t.co/r348ksJHRN http://twitter.com/search?q=%23CFC&src=hash">#CFC

— Chelsea FC (@chelseafc) http://twitter.com/chelseafc/statuses/469943475447037952">May 23, 2014

Sisa kontrak David Luiz sebenarnya masih menyisakan tiga tahun di Chelsea. Namun, duet bek tengah, Gary Cahill dan John Terry, lebih dipilih Jose Mourinho sebagai bek utama Chelsea. Hal ini tergambar dari penurunan jumlah pertandingan yang dilakoni Luiz dibanding musim lalu. Selain itu, perubahan posisi yang jamak terjadi pada Luiz juga agaknya membuat dia tak kerasan. Posisi asli Luiz adalah center bek, tapi oleh Mou kadang di tempatkan menjadi gelandang, malah saat melawan Atletico Madrid di semifinal Liga Champions Luiz dimainkan sebagai fullback. Hal itulah yang membuatnya mungkin tidak kerasan

Tak hanya itu jumlah dimainkannya Luiz pun semakin menurun, musim ini dia hanya diturunkan 23 kali oleh Mou, amat jauh jika dibandingkan musim lalu dengan 57 penampilan - sebuah ironi mengingat sepanjang musim ini dia tak mengalami cedera dan selalu tampil fit.  Dalam soal torehan gol, Luiz pun semakin seret.

Musim lalu, bek yang selalu indentik maju ke depan saat bola mati ini mencetak 7 gol bagi Chelsea.  Namun musim ini, tak ada satupun gol yang ia buat untuk The Blues. Selain karena godaan 40 juta poundsterling, alasan lain ini yang mungkin membuat Mou enggan untuk mempertahankan pemain berambut kribo tersebut.

Dibiarkan pergi oleh Chelsea adalah berkah bagi Luiz, terlebih di PSG dia akan bertemu dengan sahabat kompatriot senegera, Thiago Silva. Kedua pemain inilah yang nantinya akan jadi duet palang pintu lini belakang Brazil di Piala Dunia 2014. Usai dari Piala Dunia, kerja sama mereka akan diteruskan untuk mengarungi Liga Perancis dan Liga Champions bersama PSG.

Kedatangan Luiz ke PSG akan menjadi rekor transfer pemain belakang termahal di dunia sepanjang sejarah. Jor-joran yang dilakukan PSG untuk membenahi lini belakang ini bukanlah hal baru, tercatat dari 5 transaksi bek termahal di dunia, tiga diantaranya dilakukan oleh PSG, mereka adalah Marquinhos, Thiago Silva dan David Luiz. Total 103 juta poundsterling telah digelontorkan oleh PSG hanya untuk membenahi lini belakang. Jika dirupiahkan maka angka itu akan mencapai 2 Trilyun, WOW!

Jika dipikir-pikir jumlah sebesar itu bisa menghidupi tim ISL sekelas Persib Bandung yang menghabiskan anggaran 50 Milyar selama 40 tahun lamanya!

(rd)

Komentar