Hanya Satu Piala Dunia untuk Benzema

Cerita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Penanggung jawab rubrik PanditSharing dan Backpass. Penyunting naskah Cerita.

Hanya Satu Piala Dunia untuk Benzema

Piala Dunia 2010 harusnya menjadi Piala Dunia pertama Karim Benzema; nyatanya tidak.

Benzema menjadi langganan tim nasional Perancis pasca Piala Eropa 2008. Sang penyerang bahkan sudah mulai mengenakan nomor punggung 10 menjelang kualifikasi Piala Dunia 2010. Di Piala Eropa 2008 Benzema mengenakan nomor punggung 9.

Benzema menjalankan tugasnya di kualifikasi dengan cukup baik. Penyerang keturunan Aljazair itu mencetak gol ke gawang Kepulauan Faroe dan Austria pada Oktober 2009. Yang saat itu tak diketahui Benzema, pertandingan melawan Austria menjadi laga terakhirnya di bawah kepemimpinan Raymond Domenech.

Domenech tidak menyertakan Benzema dalam susunan pemain sementara untuk Piala Dunia 2010, yang diumumkan pada 11 Mei 2010. Benzema tersandung kasus skandal seks saat itu. Domenech mengatakan Benzema tidak terpilih karena performa sang pemain di level klub tidak bagus.

Benzema pemain andalan Olympique Lyon di Piala Eropa 2008. Ia pindah ke Real Madrid dengan mahar 35 juta euro pada 2009. Sepanjang musim 2009/10, jelang Piala Dunia, Benzema memang lebih sering menjadi pemain pengganti dan hanya mencetak 8 gol.

“Bagiku itu [skandal seks] tidak jadi soal,” ujar Domenech, sebagaimana dikutip dari ESPN. “Aku hanya berpikir tentang sepakbola dan yang bisa diberikan para pemain di lapangan. Dia pemain muda dan dia masih bisa bermimpi. Aku harap dia akan berjuang untuk kembali ke tim dalam waktu dekat.”

***

Piala Dunia 2014 Brasil menjadi Piala Dunia pertama Karim Benzema. Adalah Didier Deschamps yang memberangkatkannya ke Brasil. Deschamps sudah menjadi pelatih timnas sejak 2012.

Gol Benzema di menit ke-34 pertandingan leg kedua play-off melawan Ukraina membuat agregat menjadi 2-2. Gol bunuh diri Oleg Gusev di menit ke-74 membuat agregat menjadi 3-2 untuk Perancis. Les Bleus lolos ke Piala Dunia 2014.

Benzema menandai pertandingan pertamanya di putaran final Piala Dunia dengan dua gol. Dia juga terlibat langsung dalam satu gol lain dalam kemenangan 3-0 Perancis atas Honduras tersebut. Benzema diganjar penghargaan man of the match atas penampilannya.

Perancis melawan Swiss di pertandingan kedua. Benzema mencetak satu gol dalam kemenangan 5-2 yang memastikan timnya lolos ke fase gugur tersebut.

Tidak ada gol dari Benzema saat Perancis bermain imbang 0-0 dengan Ekuador di pertandingan penutup Grup E. Pun saat Perancis mengalahkan Nigeria di 16 besar. Juga saat Perancis kalah 0-1 dari Jerman di 8 besar.

***

“Tentu aku percaya [bisa bermain untuk Perancis lagi], aku masih percaya,” ujar Benzema kepada Canal+ pada November 2017. “Namun itu sudah berakhir dua setengah tahun, kita tidak boleh bodoh. Selama Didier Deschamps masih pelatih tim nasional aku tidak punya peluang kembali ke tim Perancis.”

Wajar Benzema berharap. Di usianya yang baru menginjak 30 tahun, Piala Dunia 2018 Rusia bisa jadi Piala Dunia terakhirnya. Nyatanya Piala Dunia terakhir Benzema adalah Brasil 2014.

Deschamps sudah mengumumkan daftar nama skuatnya untuk Juni mendatang. Antoine Griezmann, Olivier Giroud, Kylian Mbappe, Ousmane Dembele, Florian Thauvin, Nabil Fekir, dan Thomas Lemar mengisi pos penyerang. Tidak ada nama Benzema di sana. Tidak ada Benzema bahkan di daftar siap sedia.

Terakhir kali Benzema tampil untuk tim nasional pada 2015. Sang penyerang tidak ambil bagian saat Perancis menjadi tuan rumah dan finalis Piala Eropa 2016. Kali ini performa di Real Madrid tidak menjadi alasan. Benzema diduga memeras Mathieu Valbuena, sesama pemain tim nasional Perancis, dengan rekaman seks Valbuena dan pasangannya.

“Tentu aku ingin bermain di Piala Dunia, aku ingin memenangi sesuatu dengan negaraku,” lanjut Benzema. “Buntu. Kami bicara di telepon sebelum Piala Eropa dan dia tidak memberi penjelasan. Setelah itu dia berpaling dariku.”

Banyak yang menyesalkan absennya Benzema di Piala Eropa 2016. Tapi dosa Benzema pada Valbuena yang menyebabkan Deschamps tak lagi melihatnya sebagai penyerang terbaik Perancis saat ini. Dosa itu juga yang, tampaknya, membuatnya hanya merasakan satu Piala Dunia saja.

Komentar