Mangala Berhak Atas Medali Juara Man City

Cerita

by Rio Pangestu

Rio Pangestu

Pembaca yang menulis.

Mangala Berhak Atas Medali Juara Man City

Eliaquim Mangala sempat menjadi salah satu bek termahal yang pernah dibeli oleh Manchester City. Ketika The Citizen memboyongnya dari Porto pada 2014 lalu, dibutuhkan uang sebesar 32 juta paun untuk menebus bek asal Prancis tersebut.

Mahalnya harga ternyata tak menjamin performa yang baik dari si pemain. Alih-alih menjadi andalan City di lini belakang, Mangala malah lebih sering menghangatkan bangku cadangan.

Alhasil pada musim 2016/17 Manchester City melepas Mangala ke Valencia dengan status pinjaman. Saat kembali lagi ke kota Manchester musim berikutnya, tak banyak perubahan dalam penampilan Mangala. Ia pun lebih sering dicadangkan oleh pelatih Manchester City, Pep Guardiola.

Total hanya sembilan kali Eliaquim Mangala turun bertanding untuk Manchester City di ajang Liga Primer Inggris musim ini. Pada tanggal 1 Februari 2018, ia (lagi-lagi) dipinjamkan oleh Manchester City ke klub lain. Kali ini kepada sesama peserta Liga Primer Inggris, Everton.

Dipinjamkannya Mangala ke Everton, seiring perekrutan City untuk bek lain, Aymeric Laporte dari Athletic Bilbao. Mangala dipinjamkan kepada The Tofees hingga musim 2017/18 berakhir.

Walau kali ini Mangala sudah berseragam biru tua Everton —tak lagi berwarna biru muda, dirinya tetap hadir dalam seremoni perayaan juara Manchester City di Etihad Stadium, Minggu (6/5). Mangala mengikuti semua sesi seremoni perayaan. Dari mulai pengalungan medali hingga pengangkatan trofi Liga Primer Inggris yang dipimpin oleh kapten mereka, Vincent Kompany. Tak ayal, kehadiran Mangala di seremoni perayaan juara Manchester City kemarin telah membuat sebagian orang bertanya-tanya, mengingat saat ini status Mangala merupakan pemain pinjaman di Everton.

Lantas, apakah aturan di Liga Primer Inggris sendiri memperkenankan seorang pemain untuk mengikuti seremoni perayaan juara dan mendapatkan medali bersama klub yang menjadi juara, kendati pemain tersebut sudah tidak lagi bermain untuk klub itu?

***

Liga Primer Inggris setiap tahunnya menyediakan 40 medali untuk dibagikan kepada para pemain, tim pelatih, dan staff klub yang menjadi juara. Untuk pemain, ada persyaratan tertentu yang membuatnya bisa mendapatkan medali, salah satunya pemain tersebut harus turun bertanding di Liga Primer Inggris minimal sebanyak lima kali dalam satu musim bersama klub yang menjadi juara.

Maka jika melihat kasus Mangala, dengan catatan sembilan kali tampil bersama Manchester City di Liga Primer Inggris musim ini, maka ia telah memenuhi syarat untuk mendapatkan medali Liga Primer Inggris walaupun saat ini statusnya sudah menjadi pemain pinjaman di Everton. Perlu diketahui juga, setelah menjalani debut di Everton melawan Crystal Palace, ia mengalami cedera dan harus menepi hingga musim berakhir.

Aturan minimal lima kali tampil bertanding untuk mendapatkan medali ini sebetulnya merupakan aturan baru. Sebelumnya, Liga Primer Inggris menetapkan aturan minimal 10 kali tampil dalam satu musim jika seorang pemain ingin mendapatkan medali. Dilansir dari For The Win, peraturan seperti itu masih digunakan hingga musim 2012/13, sebelum akhirnya diubah menjadi minimal lima seperti saat ini.

Pengubahan aturan tak lepas dari banyaknya kritik yang disampaikan kepada Liga Primer Inggris. Peraturan minimal 10 kali tampil dalam satu musim dianggap sering membuat pemain yang sebenarnya punya peran penting tidak mendapatkan medali hanya karena jumlah penampilannya kurang dari 10.

Usai peraturan diubah, Liga Primer pun ketika itu mendapat apresiasi dari beberapa pihak. Salah satunya dari mantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson.

“Sekarang, mereka [Liga Primer] memberi tim pemenang sebanyak 40 medali. Itu sedikit lebih adil, walau masih terasa sedikit kejam,” tuturnya.

Sementara itu, untuk kasus seperti yang terjadi kepada Mangala pun sebenarnya bukanlah kasus baru di Liga Primer Inggris. Tahun 2017 lalu ketika Chelsea menjadi juara Liga Primer Inggris misalnya, dua orang pemain Chelsea yakni Oscar dan Brainslav Ivanovic, sebenarnya menghadapi situasi serupa.

Oscar, yang sebetulnya sudah meninggalkan Chelsea sejak bulan Desember 2016 untuk bergabung dengan Shanghai SIPG, tetap berhak mendapatkan medali Liga Primer karena sebelum meninggalkan Chelsea ia mencatatkan sembilan kali penampilan di musim itu. Hal yang sama juga berlaku untuk Ivanovic yang sebelumnya sudah mencatatkan 13 kali penampilan bersama Chelsea, sebelum hengkang ke klub Rusia, Zenit Saint Petersburg, pada Februari 2017. Bedanya Oscar dan Ivanovic tidak menghadiri seremoni pemberian medali tersebut, sementara Mangala yang tengah cedera punya waktu kosong untuk bisa mendapatkannya.

***

Sebuah medali tentu punya nilai yang sangat berharga bagi seorang pemain. Banyaknya koleksi medali dapat menjadi simbol mengkilapnya karir seorang pemain sepakbola. Di samping itu, harga dari medali Liga Primer Inggris pun tidaklah murah. Menurut For The Win, jika medali Liga Primer Inggris dilelang, harganya bisa mencapai 21.000 US Dollar (setara Rp293.953.394).

Tentunya merupakan satu keuntungan tersendiri bagi Mangala, karena dengan juaranya City musim ini, ia bisa menambah koleksi medalinya. Walau sebenarnya sepanjang kariernya bersama City, ia bukan bek yang begitu diandalkan.

Komentar