Tomas Rosicky dan Semangat yang Padam dari Praha

Cerita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng !

Tomas Rosicky dan Semangat yang Padam dari Praha

Tomas Rosicky adalah legenda bagi Sparta Praha, Borussia Dortmund, Arsenal dan Republik Ceko yang dibawanya ke Piala Dunia 2006. Dalam satu tahun terakhir, hanya semangat yang dimiliki Rosicky untuk memulihkan cederanya.

Pada akhirnya semangatnya itu padam juga setelah Rosicky mengumumkan pensiun dari karir sepakbolanya hari ini. Gelandang serang asal Ceko itu sudah menjalani karir sepakbolanya selama 19 tahun. Sampai pada puncaknya ia memutuskan gantung sepatu di Sparta pada usia 37 tahun karena permainannya dibatasi cedera.

"Setelah mempertimbangkan dengan cermat, saya menyadari bahwa saya tidak bisa lagi mempersiapkan tubuh saya untuk apa yang dibutuhkan sepakbola profesional. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Sparta dan karena mengizinkan saya untuk mengucapkan selamat tinggal di tempat yang paling saya sukai," ujar Rosicky seperti dikutip dari Daily Mail.

Ia memang dibesarkan Sparta sejak bergabung ke akademi kesebelasan tersebut pada 1988. Kemudian Rosicky yang waktu itu berusia 21 tahun, mencoba perjudian pertamanya dengan pindah ke Dortmund pada 2001 seharga 25 juta euro ditambah bonus 8 juta euro. Pada saat itu juga Dortmund harus bersaing dengan Bayern Muenchen untuk mendapatkan Rosicky.

"Ketika Tomas Rosicky masih sangat muda, saya datang ke pertandingan Sparta Praha. Saya berada di sana untuk memantau bek tengah, tapi setelah Tomas menyentuh bola tiga kali, saya tahusaya hanya menginginkannya," ungkap Michael Zorc selaku Direktur Olahraga Dortmund, seperti yang dikutip dari ESPN FC.

Kemudian Rosicky melangkah ke Arsenal dengan banderol yang tidak diungkapkan pada bursa transfer musim panas 2006. Selanjutnya, gelandang berjuluk The Little Mozart itu kembali ke Sparta 10 tahun kemudian sekaligus mengakhiri karirnya. Rosicky sendiri mengaku bahwa kondisi fisiknya sudah tidak bisa lagi menunjang karir sebagai pesepakbola profesional.

"Saya tahu itu (pensiun) akan datang. Lebih sulit untuk mempersiapkan pertandingan. Pikiran saya masih ingin bermain, tapi tubuh saya menolak. Baru-baru ini pikiranku juga berhenti bekerja seperti ini. Saya memiliki karir sepakbola yang hebat. Saya mencintai sepakbola dan saya pasti akan melewatinya lagi," kata Rosicky lebih lanjut.

Sebelum kembali ke Sparta, Rosicky menikmati masa yang indah bersama Arsenal dengan menjuarai dua Piala FA (2013/2014, 2014/2015) dan satu FA Community Shield 2014. Bahkan lebih indah lagi dengan Dortmund karena menjuarai Bundesliga saat musim perdananya bersama kesebelasan tersebut.

Selain menjuarai Bundesliga, Rosicky juga mengantarkan Dortmund menjadi runner-up Piala UEFA dan DFB-Ligapokal. Rosicky juga sudah berprestasi sejak bersama Sparta dengan menjuarai Liga Pertama Ceko 1998/1999 dan 1999/2000. Maka bukan tanpa alasan jika Sparta menerima Rosicky kembali di penghujung karirnya.

Berkat gelar itulah pemain kelahiran Praha itu mendapatkan penghargaan Bakat Terbaik Tahunan Ceko 1999. Kemudian gelar individualnya semakin banyak ketika beranjak dewasa. Rosicky juga memenangkan tiga gelar Pemain Terbaik Tahunan Ceko secara beruntun, yaitu pada 2001, 2002 dan 2006.

Pada gelar keduanya pun dihiasi dengan penghargaan Bola Emas Republik Ceko 2002. Berbagai mantan kesebelasan dan rekan-rekannya pun mengunggah kalimat maupun video penghargaan untuk Rosicky. Salah satunya seperti akun resmi Twitter Dortmund yang menulis, "Terima kasih, Tomas (Rosicky). Sebuah karir yang datang untuk diakhiri hari ini, tapi memori dari giringan bola yang unik, umpan luar biasa dan gol yang indah tetap abadi,".

Penghormatan dari media sosial juga tidak luput dari Arsenal dan para pemainnya, seperti Jack Wilshere, Mesut Oziel, Per Mertesacker dan lainnya. Rosicky sendiri merupakan playmaker sekaligus gelandang serang utama Arsenal sebelum Oziel datang pada bursa transfer musim panas 2013.

http://twitter.com/Arsenal/status/943439682242777088">

Komentar