Rekor Buruk Indonesia Melawan Malaysia di SEA Games

Cerita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Rekor Buruk Indonesia Melawan Malaysia di SEA Games

Tim Nasional sepakbola Indonesia akhirnya memastikan diri lolos ke babak semi-final SEA Games 2017, Malaysia. Kepastian melajunya Tim garuda menuju babak semi-final tak lepas dari kemenangan meyakinkan 2-0 yang diraih atas Kamboja di laga terakhirnya.

Keberhasilan lolosnya Indonesia ke semi-final juga didorong dengan hasil dari pertandingan Thailand melawan Vietnam, yang berkesudahan dengan skor 3-0 untuk kemenangan Tim Gajah Perang. Hasil tersebut membuat Indonesia lolos dengan status runner-up Grup B, sementara Thailand melenggang sebagai juara Grup.

Berat, mungkin itulah kata yang pas untuk menggambarkan perjuangan Evan Dimas cs untuk mendapat satu tempat di babak semifinal. Perjalanan mereka terbilang tidak mudah, ketatnya persaingan di Grup B membuat penentuan kesebelasan yang lolos di grup tersebut baru bisa diketahui hingga pertandingan terakhir di fase grup.

Bisa dibilang Grup B SEA Games disebut-sebut sebagai grup neraka, karena dihuni tim-tim besar seperti Thailand, Vietnam, Indonesia, juga Filipina. Tapi Indonesia akhirnya berhasil keluar dari lubang jarum, tentunya dengan perjuangan yang cukup berat. Karena lolosnya Indonesia ke semi-final bergantung juga pada hasil lain antara Thailand-Vietnam.


Namun yang perlu diingat, perjuangan belum berakhir. Indonesia tidak boleh larut dalam kegembiraan. Sebab lawan yang lebih tangguh sudah menanti mereka di babak semi-final. Lawan tangguh itu adalah Malaysia, tim tuan rumah yang diunggulkan untuk meraih medali emas SEA Games 2017 ini. Dukungan penuh dari suporter tuan rumah akan memantik motivasi semangat tim asuhan Om Kim Swee itu.

Apalagi pertandingan tersebut bukan sekadar mempertaruhkan siapa yang akan menjadi pemenang, lebih dari pada itu pertandingan tersebut bisa dibilang pertaruhan harga diri kedua bangsa. Bukan lagi rahasia umum kalau Indonesia dan Malaysia adalah musuh bebuyutan di kancah sepakbola ASEAN, banyak faktor yang membuat laga tersebut selalu berjalan panas.

Lima Pertandingan Terakhir, Malaysia Unggul

Di SEA games 2017 ini, Indonesia memiliki misi untuk bisa meraih medali emas. Hasrat begitu menggebu karena kali terakhir mereka meraih medali emas di cabang olahraga sepakbola SEA Games adalah tahun 1991 di Manila, Filipina. Tapi Indonesia akan mendapat hadangan dari Malaysia yang juga menggebu untuk meraih medali emas, apalagi Harimau Malaya berstatus sebagai tuan rumah di SEA Games edisi ke-29 ini.

Bukan hal mudah tentunya bagi Indonesia untuk melewati hadangan Malaysia, selain karena faktor tuan rumah, rekor pertemuan kedua kesebelasan dalam lima pertandingan terakhir pun agak memberatkan mereka. Sejak tahun 2001, di ajang SEA Games Indonesia hanya mampu meraih satu kemenangan saja dari Malaysia, empat laga sisanya berakhir dengan kekalahan.

Paling menyakitkan tentunya saat ditumbangkan di laga final SEA Games 2011, sebab Malaysia berhasil merayakan pesta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta setelah menang 4-3 melalui babak adu penalti atas Indonesia.

Sebelum bermain di SEA Games kedua kesebelasan sebelumnya sudah saling jumpa di ajang kualifikasi Piala Asia U-23. Hasilnya mengejutkan, Indonesia dipukul tiga gol tanpa balas oleh Malaysia pada ajang tersebut.

Serentetan hasil minor yang dialami Indonesia tentunya membuat Malaysia di atas kertas lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan dalam laga tersebut. Tapi prediksi di atas kertas tidak bisa dijadikan patokan utama untuk menentukan siapa yang akan memenangkan pertandingan. Bisa saja, Indonesia yang memiliki ambisi untuk menuntaskan ‘dendam’ di tahun 2011 itu malah keluar sebagai pemenang, dan memastikan diri tampil di babak final.

Selain itu, Indonesia juga punya modal terbiasa menghadapi tekanan setelah mendapat lawan-lawan tangguh di fase grup. Itu bisa dibilang sebagai kelebihan Indonesia, mengingat Malaysia tidak mendapatkan itu selama bertanding di fase grup. Tercatat hanya Myanmar yang memberikan tekanan besar kepada mereka, sementara selebihnya tidak terlalu memberatkan langkah mereka.

Namun kepastian soal nasib Indonesia di SEA Games 2017 nanti akan ditentukan dalam pertandingan semi-final yang akan berlangsung di Stadion Shah Alam, Selangor, Sabtu (26/8). Sialnya bagi Indonesia, karena tidak akan tampil tanpa kekuatan penuh menyusul akumulasi kartu yang didapat Hansamu Yama, Muhammad Hargianto dan Marinus Wanewar.

Lima pertemuan terakhir Indonesia - Malaysia di SEA Games:

Indonesia 1-2 Malaysia (Fase Grup tahun 2001)

Indonesia 0-1 Malaysia (Perebutan Medali Perunggu tahun 2005)

Indonesia 0-1 Malaysia (Fase Grup tahun 2011)

Indonesia 1-1 Malaysia - Adu Penalti 3-4 (Partai Final tahun 2011)

Indonesia 1-1 Malaysia - Adu Penalti 4-3 (Partai Semifinal tahun 2013)

Foto: Kuala Lumpur 2017

Komentar