Saat Zulkifli Memberi Kartu Kuning kepada Wasit

Cerita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Saat Zulkifli Memberi Kartu Kuning kepada Wasit

Banyak cerita unik mewarnai jalannya pertandingan antara Bali United melawan PSM Makassar dalam lanjutan pertandingan pekan ke-16 Liga 1 Indonesia 2017. Selain kehadiran legenda Manchester United, Gary Neville, kisah wasit Jumadi Efendi yang `diberi` kartu kuning oleh pemain PSM Makassar, Zulkifli Syukur pun menjadi bumbu yang membuat jalannya laga yang berlangsung di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (23/7) kemarin menjadi menarik.

Saat pertandingan memasuki menit 42, terjadi pertikaian kecil di lapangan yang melibatkan pemain Bali United, Nick van der Velden, dengan gelandang PSM, Marc Anthony Klok. Saat itu Nick tersulut emosi karena bola yang berada di kakinya direbut Klok. Nick kemudian menghajar Klock dengan lututnya. Wasit Jumadi Efendy yang melihat kejadian tersebut pun langsung mengganjar Nick dengan kartu kuning.

Namun keputusan tersebut justru menuai protes dari para pemain PSM dan Bali United. Para pemain dari kedua kesebelasan itu pun lantas mengerubungi wasit kala itu. Pemain Bali United tampak tidak terima dengan keputusan tersebut. Begitu pula dengan para pemain PSM, yang menganggap pelanggaran tersebut seharusnya berbuah kartu merah.

Saat protes dari para pemain dilancarkan, terlihat kartu yang sebelumnya dipegang wasit pun terjatuh. Sepertinya, Jumadi tidak sadar kalau kartu tersebut tidak masuk tepat ke saku celananya, yang kemudian membuat kartu itu terjatuh ke tanah.

Zulkifli yang mungkin secara kebetulan berada dekat dengan titik terjatuhnya kartu pun lantas mengambilnya. Ia kemudian mengacungi kartu kuning itu ke arah Jumadi yang terlihat masih kebingungan mencari kartunya yang hilang.

Namun, Jumadi masih belum sadar kalau kartu yang terjatuh itu sudah berada di tangan Zulkifli yang terus mengacungi kartu tersebut ke arahnya. Wajar kalau ia tidak cepat menyadari hal tersebut, lantaran saat itu ia sibuk memberikan penjelasan kepada para pemain yang saat itu tengah melancarkan protes terhadap keputusannya.

Zul, sempat menurunkan tangannya yang memegang kartu, dan tak lama kembali mengacunginya. Pada momen kedua ini, Jumadi akhirnya sadar kalau ia telah ’dihadiahi’ kartu kuning oleh mantan penggawa Arema Indonesia dan Persib Bandung itu. Jumadi tidak banyak bereaksi, ia langsung mengambil kartu tersebut dari tangan Zulkifli, dan lantas memasukannya kembali ke dalam saku celananya, beruntung saat itu kartu meluncur masuk ke dalam saku celana Jumadi.

Wasit dikartu kuning sama pemain ?

A post shared by PanditFootball.com (@panditfootball) on


Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Zul mengaku bahwa tidak ada maksud apa-apa darinya dari kejadian itu. Menurutnya, saat kartu terjatuh, kebetulan ia dekat dengan titik kartu terjatuh, dan berinisiatif untuk mengembalikan kartu kepada wasit. Namun karena pada saat itu kondisinya sedang padat, akhirnya kartu tersebut ia angkat agar wasit menyadari kalau kartu yang terjatuh itu ada di tangannya.

“Jadi, pada saat itu kartu kuning yang diberikan wasit kepada Nick terjatuh. Saya yang kebetulan ada dekat dengan kartu itu terjatuh, hanya mengambilnya dan mengangkat kartu itu dengan niatan supaya wasit bisa lihat dan sadar kalau kartunya terjatuh. Saya juga bilang kepada wasit saat itu, ‘wasit ini kartunya jatuh’,” terangnya.

Laga panas antara PSM melawan Bali United itu berkesudahan dengan skor 3-0 untuk kemenangan tim tuan rumah. Tiga gol Bali masing-masing dicetak oleh Marcos Flores pada menit 58 melalui titik putih, kemudian Sylvano Comvalius (74), dan Miftahul Hamdi pada masa injury time. Laga tersebut juga diwarnai dengan kartu merah yang harus diterima Klok pada menit 66.

***

Kejadian pemain memberi kartu kepada wasit sebenarnya pernah terjadi juga pada beberapa kesempatan, seperti yang ditunjukkan oleh Gennaro Gattuso, Alan Shearer, Paul Gascoigne, Salih Dursun, dan beberapa pemain lainnya seperti yang video-nya bisa dilihat di bawah ini:

Komentar