Penyebab Real Madrid Mulai Rajin Membeli Pemain Muda | Pandit Football Indonesia

Penyebab Real Madrid Mulai Rajin Membeli Pemain Muda

Cerita

by Septian Nugraha 18255

Septian Nugraha

Penulis merangkap Jurnalis @Panditfootball

Penyebab Real Madrid Mulai Rajin Membeli Pemain Muda

Pada Jumat (14/7) Real Madrid resmi mememperkankan Daniel Ceballos sebagai penggawa anyar mereka. Ceballos didatangkan Madrid dari Real Betis dengan mahar 17 juta euro dengan durasi kontrak selama enam tahun. Kesepakatan antara keduanya sebenarnya sudah terjalin sejak 10 Juli lalu, namun alotnya proses negosiasi antara Madrid dan Betis membuat kepastian transfer Ceballos tertunda.

Namun kedua kesebelasan itu akhirnya menemui kesepakatan setelah Madrid bersedia menaikkan tawaran mereka kepada Ceballos menjadi 17 juta euro, sebelumnya penawaran pertama mereka senilai 15 juta euro ditolak. Dalam perburuan gelandang berusia 20 tahun itu, Madrid berhasil mengalahkan Barcelona yang juga berminat untuk menggunakan jasanya.

Pemain yang menjadi bagian dari keberhasilan tim nasional Spanyol meraih posisi runner-up di ajang Piala Eropa U-21 itu mengungkapkan bahwa salah satu keputusannya untuk memilih Madrid sebagai pelabuhan barunya di musim 2016/2017. Ceballos menyadari bahwa Madrid adalah tim besar sarat prestasi, oleh karenanya ia berjanji untuk bekerja keras untuk menunjukkan bahwa ia layak untuk bermain di Santiago Bernabeu.

Ceballos menjadi rekrutan ketiga Madrid pada musim ini. Sebelumnya mereka telah mengumumkan keberhasilan memulangkan Jesus Vallejo dan sukses memboyong Theo Hernandez dari Atletico Madrid. Bek kiri berusia 19 tahun itu didatangkan dengan mahar 24 juta euro.

Dari situ terlihat bahwa ada perubahan dalam kebijakan transfer Real Madrid. Bukan lagi pemain-pemain jadi berharga selangit, Real Madrid justru mulai mendatangkan pemain-pemain muda. Dan ternyata hal ini pun diamini Presiden Real Madrid, Florentino Perez, sebagai salah satu kebijakan baru Real Madrid.

“Selama beberapa tahun Real Madrid telah memasukkan pemain muda berbakat dengan proyeksi bagus. Hari ini kami menghadirkan salah satu pemain berusia 20 tahun, dengan kualitas yang kami anggap cukup untuk bermain di Real Madrid," kata Perez saat perkenalan Vallejo.

Melihat daftar pemain yang didatangkan Madrid pada musim ini, terlihat mereka lebih fokus mendatangkan pemain-pemain muda potensial. Sebenarnya ini bukan hal yang aneh, pada musim lalu mereka juga mendatangkan Danilo, Casemiro, Marco Asensio, serta memulangkan kembali Lucas Vasquez dan Alvaro Moratta. Pemain-pemain tersebut masih berusia muda, namun punya potensi yang besar. Bahkan mereka mampu memberi kontribusi membawa Madrid meraih gelar Liga Champions pada musim 2016/2017.

Bukan tanpa alasan tentunya Perez kemudian memilih untuk lebih banyak untuk mendatangkan pemain muda bertalenta sebagai salah satu strategi dalam kebijakan transfer Madrid dalam beberapa musim terakhir. Bisa dibilang itu adalah respon dari kemajuan bisnis sepakbola dunia. Di Liga Inggris, klub-klub akan mendapat dana tambahan di bursa transfer, hal yang kemudian membuat mereka memiliki budget yang cukup besar untuk mendatangkan pemain yang mereka inginkan. Namun di La Liga, hal tersebut tidaklah terjadi hingga Perez kemudian melakukan evolusi pada kebijakan transfernya.

Dalam pemikirannya, mendatangkan pemain muda bertalenta yang namanya belum mencuat membuat Madrid tidak perlu mengeluarkan kocek besar di bursa transfer. Sebab ketika seorang pemain bintang berusia 29 tahun beredar di bursa transfer, maka harga jualnya bisa mencapai 40 juta Euro. Sementara yang berusia 24 tahun bisa memiliki harga sebesar 75 juta euro atau lebih.

Madrid bisa mencapai prestasi dengan pemain-pemain yang muda yang mereka bina di tim senior, seperti apa yang mereka lakukan pada musim sebelumnya. Dari segi bisnis, ini juga cukup menggiurkan. Lihat saat mereka mencoba untuk mempertahankan Cristiano Ronaldo yang kabarnya ingin meninggalkan Santiago Bernabeu.

Bintang Portugal itu dibanderol dengan harga yang sangat mahal, yang memungkinkan para peminat mundur teratur. Dalam klausul buy-out kontrak Ronaldo, Madrid baru akan melepasnya andai ada klub yang bersedia membayar 870 juta paun. Namun belakangan Madrid melunak dan akan melepas Ronaldo jika ada klub yang sanggup membayar 350 juta paun.

Angka yang sangat besar, namun bila ada satu klub ‘gila’ yang berani mengeluarkan dana besar untuk Ronaldo, maka keuntungan besar bagi Madrid. Kalau itu terjadi mereka tidak perlu mengemis dana dari hak siar untuk menambah budget transfer mereka di musim panas ini.

Namun kejutan-kejutan tampaknya masih akan dibuat Madrid di bursa transfer musim panas ini. Beberapa pemain muda, salah satunya Kylian Mbappe, juga menjadi incaran mereka. Selain Mbappe, penjaga gawang Manchester United, David De Gea, juga kembali masuk dalam rencana pembelian kesebelasan.

Foto: Eifsoccer

Komentar