Dukungan Suporter Persiba yang Tak Pernah Padam

Cerita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Dukungan Suporter Persiba yang Tak Pernah Padam

Suporter sejati akan selalu ada bagi klub yang mereka cintai walau dalam kondisi apapun. Menang atau kalah, berjaya atau terpuruk, suporter sejati akan terus bernyanyi untuk membakar semangat para pemain untuk terus berjuang di lapangan hijau hingga pertandingan usai. Suporter adalah pemain ke-12, tanpa kehadiran mereka di lapangan maka jalannya sebuah pertandingan pun akan terasa hambar.

Kapten Persiba Balikpapan, Marlon da Silva mengakui betapa besarnya peran suporter baginya dan klub yang ia bela kini. Pemain asal Brasil itu mengungkapkan bahwa peran dari Balikpapan Suporter Fanatik (Balistik) dan para partisan Persiba lainnya sangatlah luar biasa untuk membangkitkan semangat para pemain di tengah kondisi tim yang sedang mengalami keterpurukan.

Pada saat Persiba melakoni pertandingan tandang melawan Barito Putera pada akhir pekan lalu, terlihat sekumpulan suporter Persiba memadati salah satu sudut tribun penonton Stadion 17 Mei, Banjarmasin. Mereka terus bernyanyi, menyuarakan dukungan tanpa henti bagi tim asuhan Milomir Seslija itu. Marlon mengaku sangat terkesan dengan apa yang dilakukan oleh para suporter dalam laga tersebut.

Menurutnya, meski pertandingan masih berlangsung di Pulau Kalimantan, namun jarak tempuh antara Balikpapan ke Banjarmasin cukup jauh. Namun rasa lelah karena jarak tak berpengaruh bagi para loyalis Persiba untuk terus menyuarakan dukungan agar hasil maksimal bisa diraih oleh kesebelasan yang sangat mereka cintai itu.

"Walau tim berada di papan bawah, tapi Balistik selalu ada. Dari awal kick off hingga berakhirnya pertandingan, Balistik kasih semangat buat kami. Balikpapan-Banjarmasin itu jauh. Tapi Balistik datang dan kasih suport buat tim. Nyanyian mereka lebih nyaring dari tim tuan rumah," kata Marlon seperti dikutip dari official media Persiba.

Sayang, dalam laga tersebut Persiba harus menelan kekalahan tipis 0-1 dari Barito Putera. Hasil yang tentu membuat tim Beruang Madu semakin terpuruk di dasar klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2017. Merunut pencapaian klub selama di kompetisi, Persiba menjadi salah satu kesebelasan dengan jumlah kemenangan paling sedikit.

Bersama Persegres Gresik United, sejauh ini baru satu kemenangan saja yang berhasil diukir Persiba. Kemenangan tersebut didapat saat mereka bertanding melawan Borneo FC di Stadion Parikesit, beberapa waktu lalu. Dengan susah payah, mereka sukses menumbangkan Pesut Etam dengan skor tipis 3-2.

Kekalahan yang dialami oleh Persiba dalam pertandingan melawan Barito tentu membuat para suporter merasa kecewa. Tidak ada yang senang melihat timnya kalah, apalagi kekalahan itu semakin membuat tim yang dicintai semakin terpuruk. Tapi para pendukung Persiba terlihat tegar dengan hasil tersebut, mereka tetap memberikan apresiasi terhadap perjuangan yang telah dilakukan Marlon dan kawan-kawan.

Melihat betapa hebatnya suporter mereka, Marlon dan para pemain Persiba lainnya pun membalas apresiasi dari para suporter itu dengan mendatangi mereka seusai laga. Para pemain, termasuk Marlon tampak memberikan tepuk tangan sebagai apresiasi juga permintaan maaf mereka kepada para suporter karena belum bisa mengangkat Persiba dari keterpurukan. Dalam sebuah foto, terlihat juga Marlon sampai memeluk salah seorang suporter yang terhalang pagar tribun stadion.

“Usai pertandingan, kami datangi suporter. Balistik bilang ke kami, `ayo semangat Persiba! Kamu tidak sendirian Marlon! Kamu tak sendirian Persiba ! Ayo!`. Saya terharu mendengarnya. Sedih dan Balistik juga sedih. Balistik bilang, kita harus bermain dengan hati," tegasnya.

Hal tersebut, diakui Marlon sangat berpengaruh untuk meningkatkan semangat juang para pemain Persiba untuk menghadapi laga-laga selanjutnya di Liga 1 Indonesia 2017. Perjalanan Beruang Madu belum usai, masih banyak hal yang bisa terjadi hingga akhir kompetisi nanti. Namun, laga terdekat mereka adalah menghadapi PSM Makassar di pekan ke-14 pada 13 Juli mendatang di Stadion Parikesit, Balikpapan.

PSM bukan lawan yang mudah bagi Persiba, klub berjuluk Juku Eja punya catatan penampilan apik selam kompetisi berlangsung, yang membuat mereka bisa memuncaki tabel klasemen sementara hingga memasuki pekan ke-13.

Di atas kertas, PSM jauh lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan. Namun sepakbola bukan sekadar hitung-hitungan secara matematis, dalam laga melawan PSM nanti akan ada banyak hal yang bisa terjadi. Mengalahkan PSM tentu bukan hal yang mustahil bagi Persiba.

Marlon menyadari hal tersebut, peluang untuk meraih kemenangan selalu terbuka di setiap pertandingannya. Menurutnya, Persiba harus bekerja lebih keras lagi untuk meraih kemenangan di laga melawan PSM nanti.

"Kita tahu PSM ada di papan atas. Tapi di lapangan tak ada pemain bintang, semua sama dan intinya harus kerja keras. Target saya, saya harus kerja keras di dalam lapangan dan fokus cetak gol. Saya kalau ada teman yang bisa cetak gol, saya akan beri ke teman agar cetak gol. Harus kerja sama," tegas Marlon.

Komentar