Rahasia Jago Tendangan Bebas Seperti Gylfi Sigurdsson

Cerita

by Ardy Nurhadi Shufi 48342

Ardy Nurhadi Shufi

Pemimpin Redaksi | Pesepakbola Tarkam | Juru Taktik
ardynshufi@gmail.com

Rahasia Jago Tendangan Bebas Seperti Gylfi Sigurdsson

Gylfi Sigurdsson menunjukkan kembali keahliannya dalam mengeksekusi bola mati. Pada laga Swansea City menghadapi Sunderland, tendangan bebasnya disambut dengan baik oleh Fernando Llorente untuk membuka gol pada laga ini. Swansea sendiri akhirnya memenangi laga dengan skor 2-0.

Sigurdsson sudah cukup lama dikenal sebagai spesialis eksekutor bola mati. Visi dan tekniknya dalam melepaskan set piece meningkatkan kans Swansea untuk mencetak gol. Bahkan bisa dibilang, The Swans cukup bergantung pada kemampuan tendangan bebas Sigurdsson karena ketika Sigurdsson sedang tidak dalam performa terbaiknya, Swansea sering mendapatkan hasil negatif.

Di Liga Primer, Sigurdsson tercatat mencetak sembilan gol dan 13 asis. Jumlah golnya terbanyak kedua Swansea di bawah Llorente yang mencetak 14 gol. Sementara jumlah asisnya terbanyak kedua di Liga Primer, bersama Christian Eriksen, di bawah Kevin De Bruyne yang mencetak 14 asis. Mayoritas gol dan asis Sigurdsson sendiri tercipta dari sepakan bola mati.

Eksekusi bola mati Sigurdsson sendiri cukup khas. Ayunan kaki kanannya tak seperti penendang biasanya saat menyentuh bola. Bola sepakan gelandang asal Islandia ini kemudian meluncur deras dan melengkung. Saat menandang penalti pun Sigurdsson menggunakan teknik yang sama.

Teknik tendangan bebas Sigurdsson mengingatkan kita pada raja tendangan bebas asal Inggris, David Beckham. Hal ini tidak mengherankan karena Beckham memang menjadi panutan gelandang berusia 28 tahun ini dalam menendang tendangan bebas.

"Saat kecil saya terbiasa menyaksikan Liga Primer dan sering melihat David Beckham mengambil tendangan bebas, jadi sejak muda saya mungkin cukup beruntung untuk melihatnya di TV setiap pekan,” demikian Sigurdsson kepada laman resmi FIFA. “Itu [tendangan bebas] merupakan sesuatu yang sering saya asah ketika masih berlatih di Islandia, dan saya terus melakukan itu sampai saya pergi meninggalkan Islandia."

Pada sebuah kesempatan, FourFourTwo mewawancarai Sigurdsson terkait rahasia tendangan bebasnya yang jitu tersebut. Menurutnya, ada lima hal yang perlu diperhatikan untuk bisa menendang tendangan bola mati dengan akurat sekaligus kencang mengarah ke sasaran (gawang atau rekan setim).

Ukur Jarak

"Jarak tendangan bebas ke gawang sangat signifikan. Menendang dari jarak enam atau tujuh meter di luar kotak penalti merupakan yang paling saya sukai, tapi kamu harus berlatih di semua jarak. Mulailah dengan jarak 16 meter dari gawang, lalu bergeser ke kiri dan ke kanan. Cobalah menendang dari segala sudut."

Tebak Kebiasaan Kiper

"Sebelum pertandingan, saya selalu menonton video kiper lawan untuk melihat dan menebak ke mana ia akan bergerak saat tendangan bebas atau diam di posisinya. Lalu, ketika saya berdiri dekat bola, saya coba melihat kiper, melihat apa yang ia lakukan. Jika ia satu langkah ke satu sisi, biasanya ada kesempatan mencetak gol di sisi lainnya."

Temukan Jumlah Langkah Ideal

"Banyak pemain melakukan hal yang sama sebelum menendang, tengok Cristiano Ronaldo. Cari yang paling nyaman untuk kamu, sebagai contoh, coba tiga atau lima langkah, dan latih itu terus menerus. Nantinya kamu akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk menemui sasaran. Akan sangat bagus jika ada seseorang [yang bisa menendang] seperti David Beckham untuk ditiru dan dipelajari."

Fokus Pada Bola

"Akan ada situasi ketika pemain lawan coba mengecoh kamu sebelum kamu menendang tendangan bebas. Jadi, saya lebih berkonsentrasi untuk meyakinkan jarak antara saya dengan pagar betis, dan memastikan bola melewati pagar tersebut. Saya tidak pernah memikirkan apa yang pemain lawan lakukan. Hanya konsentrasi pada apa yang akan kamu lakukan.

Ulangi dan Ulangi

"Hal yang paling penting jika kamu ingin hebat dalam tendangan bebas adalah latihan. Taruh sebuah pagar betis dari mannequins di lapangan dan upayakan bola melewatinya serta mengarah ke pojok gawang. Ini tentang pengulangan, lakukan hal yang sama lagi dan lagi. Lakukan ini 15 menit per hari, pada waktunya, kemampuan kamu akan meningkat."

Pelatih khusus tendangan bebas, Bartek Sylwestrzak, punya penilaian tersendiri terhadap tendangan bebas yang dilakukan Sigurdsson. Menurutnya ada tiga hal yang penting untuk bisa melakukan apa yang dilakukan Sigurdsson ketika mengeksekusi tendangan bebas.

Pendekatan

"Sigurdsson biasanya hanya melangkah tiga kali untuk pendekatan tendangan bebas. Akan lebih sulit mendapatkan momentum dengan jarak seperti ini, tapi akan menghasilkan konsisten dan akurasi ayunan. Akan lebih sulit lagi jika dilakukan dengan agak berlari, sulit untuk mendapatkan ritme yang sama dan langkah yang identik sehingga akan membuat presisi tendangan kurang maksimal."

Posisi Sudut Tubuh

"Kesalahan umum adalah tubuh, atau lebih tepatnya lutut, harus berada di atas bola. Sigurdsson dengan benar menjaga tubuhnya jauh dari bola, membuatnya bisa mendapatkan jarak dan kekuatan ayunan yang lebih baik. Sudut pendekatannya yang lebih lebar adalah kunci."

Sentuhan Bola

"Pemain dan pelatih sering berpikir bahwa sebuah tembakan dengan kaki bagian dalam harus lebih lembut, memfokuskan hanya pada penempatan bola, bukan pada kekuatan. Sebenarnya, kita bisa mendapatkan keduanya, penempatan dan kekuatan. Ayunan kaki Sigurdsson membuat kecepatan bola yang baik dan menekankan fase kaki menyentuh bola agar bola bergerak lebih cepat."

***

Selain berlatih dan mengulanginya terus menerus seperti yang dikatakan Sigurdsson, saat menendang, kita perlu memperhatikan betul ayunan kaki saat hendak menyentuh bola. Bartek menjelaskan bagaimana penempatan dan kekuatan bisa diwujudkan dari perpaduan antara jarak yang tidak terlalu jauh, sudut tabuh, dan ayunan saat menendang bola. Dengan begitu, tendangan bebas kita bisa lebih presisi layaknya tendangan Sigurdsson.

Silakan mencoba.

Komentar