11 Klub Liga Primer Pecahkan Rekor Transfer Termahal Klub

Cerita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

11 Klub Liga Primer Pecahkan Rekor Transfer Termahal Klub

Bursa transfer musim panas 2016/17 akan segera berakhir. Beberapa kesebelasan di liga top Eropa memiliki waktu yang relatif pendek untuk mendapatkan pemain baru demi membantu mereka mengarungi kompetisi musim 2016/2017. Oleh karena itu, kedatangan pemain baru diprediksi akan cukup deras hingga akhir Agustus nanti, salah satunya di Liga Primer Inggris.

Liga Primer menjadi salah satu kompetisi tersibuk di bursa transfer musim panas 2016/17. Gagalnya beberapa kesebelasan besar, seperti Chelsea dan Liverpool di musim lalu, membuat mereka melakukan gerilya di masa jual beli pemain. Belum lagi semangat kesebelasan promosi seperti Middlesbrough yang juga berani mendatangkan nama-nama berkualitas.

Tak heran, dengan ambisi besar mereka Liga Primer memiliki catatan begitu tinggi soal pengeluaran. Situs transfermarkt mendata bahwa hingga saat ini 1 miliar euro telah dikeluarkan oleh kesebelasan Liga Primer untuk belanja pemain.

Catatan lain yang tak kalah mengherankan; 11 kesebelasan Liga Primer memecahkan rekor transfer kesebelasan masing-masing di bursa transfer kali ini. Bukan hanya Manchester United, tapi juga Liverpool, Crystal Palace, hingga Burnley.

Untuk lebih jelasnya, berikut rekor transfer kesebelasan Liga Primer 2016/17 yang diurutkan dari nilai yang paling tinggi.

Paul Pogba: 94 juta paun

Kepindahan Paul Pogba dari Juventus ke Manchester United menjadi sorotan utama di bursa transfer musim panas 2016/17. Total 94 juta paun menjadi angka yang harus dibayar oleh United demi memulangkan pemain yang biasa dijuluki “Pogboom” tersebut.

Angka ini mencatat rekor transfer, mulai dari rekor transfer untuk kesebelasan Inggris hingga pembelian pemain sepakbola dunia, yang sebelumnya dipegang oleh Gareth Bale saat hengkang dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid tiga tahun lalu.

Sadio Mane: 36 juta paun

Banyak yang menyebut transfer Mane dari Southampton ke Liverpool bukan merupakan sebuah rekor transfer karena jumlahnya masih kalah dengan angka yang harus dibayarkan oleh Liverpool terhadap Andy Carroll. Namun, jika mengacu pada catatan BBC dan Sky Sports, Mane-lah pemain termahal Liverpool hingga saat ini.

Eks pemain Red Bull Salzburg ini didatangkan Liverpool dengan harga 34 juta paun ditambah klausul lain senilai 2 juta paun. Angka-angka tersebut secara tidak langsung mengalahkan transfer Carroll yang mencapai 35 juta paun.

Christian Benteke: 32,5 juta paun

Menggeliatnya bursa transfer rupanya juga diikuti oleh kesebelasan Liga Primer lain, Crystal Palace. The Eagles masuk ke urutan ketiga kesebelasan dengan pembelian bagi seorang pemain termahal di musim ini setelah membawa pergi Christian Benteke dari Liverpool dengan total 32,5 juta paun.

Sebelumnya rekor transfer Palace juga pecah di musim ini setelah mereka mendatangkan Andros Townsend dari Newcastle dengan biaya 13 juta paun awal Juli 2016 lalu.

Andre Ayew: 20,5 juta paun

Keberhasilan West Ham menyodok ke papan atas di akhir musim lalu rupanya membuat mereka berani menggaet banyak pemain di bursa transfer musim 2016/17. Salah satu nama yang mereka datangkan di bursa transfer kali ini adalah Andre Ayew.

Kepindahan Ayew tak hanya memicu banyak pujian karena statusnya sebagai pemain kunci Swansea City musim lalu, tapi juga karena harganya yang melewati rekor pembelian The Hammers sebelumnya. Seperti diketahui, rekor transfer West Ham sebelumnya adalah ketika mereka mendatangkan Andy Carroll dari Liverpool dengan harga 15 juta paun di 2013 lalu.

Sofiane Boufal: 16 juta paun

Kepindahan Sadio Mane ke Liverpool rupanya membuat surplus neraca keuangan Southampton. Berbeda dengan transfer mereka sebelumnya, di musim ini Southampton berani mengeluarkan dana besar demi target yang lebih tinggi hingga memecahkan rekor transfer klub.

Dilansir oleh The Guardian, Sofiane Boufal didatangkan oleh Southampton dari kesebelasan Prancis, Lille. Meski harga Boufal tak dirilis oleh Southampton, namun diyakini mereka mengeluarkan tak kurang dari 16 juta paun untuk mendaratkan pemain 22 tahun tersebut.

Ahmed Musa: 16 juta paun

Demi menjaga agar pencapaian musim lalu tidak langsung roboh, Leicester rela mengeluarkan nominal besar untuk pemain baru di bursa transfer kali ini. Dan, mereka menjatuhkan pilihan kepada Ahmed Musa yang musim lalu memperkuat CSKA Moskow.

Musa didatangkan oleh Leicester dengan biaya yang diperkirakan memiliki nilai total 16 juta paun, yang menjadi rekor transfer termahal Leicester City. Striker asal Nigeria ini dipilih Claudio Ranieri mengingat pencapaiannya di Liga Primer Rusia terbilang baik dan berhasil membawa CSKA Moskow menjadi kampiun di musim lalu.

Borja Baston: 15 juta paun

Kepindahan Andre Ayew ke West Ham United membuat Swansea bergerak cepat mencari penggantinya. Dari beberapa nama, akhirnya dipilih lah Borja Baston untuk mengisi ruang kosong tersebut.

Baston didatangkan The Swans dari Atletico Madrid dengan biaya sekitar 15 juta paun. Jumlah ini lebih mahal 3 juta paun dari rekor transfer Swansea sebelumnya ketika Wilfried Bony didatangkan dari Vitesse Arnhem, 2013 lalu.

Jordan Ibe: 15 juta paun

Penuhnya posisi winger di Liverpool membuat mereka rela melepas Ibe ke Bournemouth di awal bursa transfer musim panas 2016/17. Ibe dilepas usai ia dipastikan tidak akan mendapatkan tempat dalam skema Jurgen Klopp di musim ini.

Setelah kedua kesebelasan melakukan negosiasi, akhirnya disepakati angka 15 juta paun untuk seorang Ibe. Ibe pun menjadi pemain termahal sepanjang sejarah the Cherries.

Nacer Chadli: 13 juta paun

Akibat jarang mendapatkan kesempatan bermain, Tottenham Hotspur pada akhirnya memberikan kesempatan hengkang untuk Chadli. Senin (29/8) Chadli resmi menjadi milik West Bromwich Albion setelah Spurs sepakat di angka 13 juta paun.

Angka tersebut menggusur rekor transfer West Bromwich Albion sebelumnya yang dipegang oleh Jose Salomon Rondon yang didatangkan dari Zenit 2015 lalu.

Roberto Pereyra: 13 juta paun

Sama seperti halnya Chadli, Roberto Pereyra yang posisinya terancam di Juventus setelah kedatangan Miralem Pjanic akhirnya memutuskan untuk hengkang. Watford yang dilatih oleh Walter Mazzarri pada akhirnya menjadi pelabuhan eks pemain River Plate.

The Sun mengatakan bahwa Watford rela mengeluarkan dana sebesar 13 juta paun demi mendatangkan Pereyra. Jika benar, Maka Pereyra bakal menjadi pembelian termahal The Hornets yang sebelumnya ditempati oleh Isaac Success saat dibeli Juli lalu dengan harga 12,5 juta paun.

Steven Defour: 8 juta paun

Burnley yang berstatus kesebelasan promosi tampaknya tidak mau kalah dengan kesebelasan lain soal belanja pemain. Mereka pun menggelontorkan biaya “besar” untuk mendaratkan pemain baru.

Nama Defour pada akhirnya dipilih oleh Sean Dyche untuk menjadi nama baru yang akan mengisi skuat Burnley musim ini. Didatangkan dari Anderlecht, mereka harus rela merogoh kocek mereka sebesar 8 juta paun dan membuatnya menjadi pemain termahal sepanjang sejarah Burnley.

*Ryan Mason: 8 juta paun

Hull City tak mau ketinggalan agresif di bursa transfer musim panas ini. Untuk memperkuat lini tengah, mereka tak ragu memecahkan rekor transfer mereka untuk mendatangkan Ryan Mason dengan nilai transfer 8 juta paun.

Mason diboyong dari Tottenham Hotspur. Pemain berusia 23 tahun ini menjadi rekrutan ketiga Hull setelah Will Keane dari Manchester United dan David Marshall dari Cardiff.

*Catatan editor: Ryan Mason diboyong pada akhir bursa transfer musim panas 2016 sehingga daftar ini menjadi 12 pemain

Komentar