Menghitung Jarak Tempuh Argentina dan Cile Ke Venue Final Copa America Centenario

Cerita

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

Menghitung Jarak Tempuh Argentina dan Cile Ke Venue Final Copa America Centenario

Penyelenggaraan sebuah turnamen biasanya dihelat dalam waktu yang singkat. Setiap kesebelasan pun mesti memaksimalkan waktu istirahat karena jarak antara pertandingan menjadi begitu mepet.

Amerika Serikat adalah negara yang luas. Jarak dari San Francisco di pantai barat ke New York di pantai timur, mencapai 4828 kilometer, hampir setara dengan jarak dari Sabang ke Merauke yang mencapai 5245 kilometer. Amerika bahkan memiliki empat zona waktu (sembilan kalau dihitung dengan Hawaii dan Samoa) yang terbentang dari San Francisco ke New York.

Saat ditunjuk menjadi penyelenggara Copa America Centenario, Amerika Serikat menyiapkan 10 stadion dengan rincian empat di Pantai Timur, tiga di Pantai Barat, dan tiga di tengah. Tentu, jarak yang sedemikian jauh dari ujung barat ke timur bisa dipangkas dengan pesawat terbang. Namun, tetap saja seseorang mesti memulihkan diri setelah mengudara selama lebih dari lima jam.

Di Copa America Centenario, ternyata tidak ada zona khusus dalam setiap pertandingan. Contohnya, Amerika membuka kompetisi di Levi’s Stadium, Santa Clara. Namun, di pertandingan kedua yang selang empat hari kemudian, kesebelasan asuhan Juergen Klinsmann tersebut harus terbang ke Soldier Field, Chicago, yang berjarak 3492 kilometer atau empat jam mengudara.

Copa America Centenario akan melangsungkan partai final pada Minggu (26/6) petang antara Argentina menghadapi Cile. Duel ini merupakan pertandingan ulangan final Copa America 2015 yang dimenangi Cile. Terlepas dari faktor teknis yang mengiringi partai final, berikut kami sajikan jarak tempuh kedua kesebelasan selama mengarungi Copa America Centenario.

Catatan: Karena menggunakan Google Maps sebagai parameter, jarak yang digunakan adalah jarak terpendek yang melalui jalan raya, bukan ditarik secara garis lurus.

Argentina

Di pertandingan pertama, Argentina dan Cile bertemu di Levi’s Stadium, Santa Clara pada 6 Juni. Empat hari kemudian, Argentina terbang ke Soldier Field, Chicago. Jarak yang ditempuh adalah 3492 kilometer, dengan waktu tempuh pesawat mencapai empat jam.

Dari Chicago, Argentina terbang ke Seattle untuk bertanding menghadapi Bolivia di CenturyLink Field, empat hari kemudian. Jarak antara dua tempat tersebut adalah 3291 kilometer dengan waktu tempuh pesawat empat jam 20 menit.

Di babak perempatfinal, Argentina menghadapi Venezuela di Gillete Stadium, Foxborough, pada 18 Juni 2016. Pertandingan ini memakan waktu lima jam 10 menit. Jarak antara Seattle ke Massachusetts mencapai 4871 kilometer.

Kala menghadapi Amerika Serikat di partai semifinal, Argentina hanya mendapatkan waktu libur tiga hari. Dari Massachusetts, Argentina melakukan perjalanan ke Houston menuju NRG Stadium. Jarak dua tempat tersebut terpisah 2970 kilometer dan memakan waktu empat jam dengan perjalanan udara.

Di partai final, Argentina akan bertanding di MetLife Stadium, yang berlokasi di East Rutherford, New Jersey dengan jarak 2692 kilometer dari Houston dengan waktu tempuh tiga jam 25 menit.

Total, Argentina telah melewati 17.316 kilometer dengan waktu tempuh 20 jam 55 menit.

Cile

Di pertandingan pertama, Cile bermain di Levi’s Stadium menghadapi Argentina. Pada pertandingan kedua, Cile bertanding menghadapi Bolivia di Gillete Stadium, Foxborough dengan jarak 3123 kilometer dan waktu tempuh lima jam 35 menit.

Di pertandingan ketiga, Cile menghadapi Panama di Lincoln Financial Field, Philadelphia. Jarak yang ditempuh terbilang dekat dengan 484 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam 20 menit.

Cile menghadapi Meksiko di partai perempatfinal pada 18 Juni di Levi’s Stadium, Santa Clara. Jarak yang mesti ditempuh Cile adalah 4671 kilometer dengan waktu tempuh lima jam 50 menit.

Di pertandingan semifinal melawan Kolombia, Cile menghabiskan waktu empat jam penerbangan dengan jarak 3492 kilometer. Untuk bertanding di MetLife Stadium, Cile membutuhkan waktu satu jam 55 menit dengan jarak 1263 kilometer.

Total, Cile melahap jarak 13.033 kilometer dengan waktu tempuh 19 jam.

***

Jika melihat waktu serta jarak tempuh di atas, terdapat perbedaan yang cukup jauh dari jarak tempuh Cile dan Argentina. Lionel Messi dan kolega melakukan perjalanan 4283 kilometer lebih jauh ketimbang Cile. Namun, dalam hal waktu tempuh, jumlahnya tidak signifikan, karena perbedaannya hanya 1 jam 55 menit.

Dari paparan di atas, bisa terlihat bahwa Argentina sejatinya dirugikan dengan tempat pertandingan yang lebih jauh. Malah, Argentina mendapatkan jadwal dengan waktu tempuh penerbangan yang lebih panjang dalam sekali perjalanan. Mereka melakukan empat perjalanan dengan waktu tempuh empat jam atau lebih.

Kondisi ini bukan tidak mungkin menguras fisik dan stamina para pemain Argentina, dan bisa saja menjadi alasan kalau Argentina tidak juara.

ed: arn

Komentar