Kesebelasan-Kesebelasan Liga Top Eropa yang Belum Pernah Terdegradasi

Cerita

by redaksi 55228

Kesebelasan-Kesebelasan Liga Top Eropa yang Belum Pernah Terdegradasi

Walaupun menjadi juara suatu kompetisi liga merupakan hal yang sulit, namun agaknya ada raihan lain yang tak kalah sulit, yakni tak pernah terdegradasi. Tak pernah terdegradasi bisa diartikan bahwa sebuah kesebelasan mampu tampil konsisten, setidaknya untuk tidak kalah melebihi dari poin yang diraih dari kemenangan dan hasil imbang di satu musim kompetisi.

Dapat dikatakan bahwa hasil yang diraih dari konsistensi sebuah kesebelasan tersebut dicapai dari kestabilan tim, baik itu di dalam tim maupun dari tubuh manajemen. Berikut daftar kesebelasan yang belum pernah terdegradasi dari kompetisi liganya masing-masing.

Liga Jerman/ Bundesliga

Kompetisi teratas di piramida sepakbola Jerman sejak 1963 ini merupakan salah satu liga yang memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dari hanya adanya satu nama, Hamburg SV yang belum pernah terdegradasi dari Bundesliga.

Klub berjuluk Der Dino atau Dinosaurus ini sebenarnya nyaris terdegradasi dari Bundesliga pada tahun 1963. Beruntung, Bundesliga yang kala itu memiliki format dua tim terbawah langsung terdegradasi sedangkan tim yang berada di peringkat ketiga terbawah melakukan play-off dengan peringkat ketiga di Bundesliga 2 menyelamatkan mereka. Julukan ‘Dinosaurus’ juga didapatkan mereka karena merupakan tim yang tertua saat dibentuknya kompetisi Bundesliga dan belum pernah terdegradasi dari komptisi tersebut.

Bayern München sebenarnya juga tidak pernah terdegradasi sejak bergabung ke Bundesliga pada tahun 1965. Namun status pendiri Bundesliga pada Hamburg SV membuat München tidak dihitung sebagai tim yang tidak pernah terdegradasi sejak dibentuknya Bundesliga pada tahun 1963.

Liga Italia

Publik sepakbola sudah banyak yang mengetahui bahwa Internazionale Milan atau akrab disebut Inter sebagai satu-satunya tim yang tidak pernah terdegradasi dari liga teratas di Italia, Serie-A. Inter masih bermain di Serie-A sejak kompetisi tersebut masih bersistem round-robin pada tahun 1929, hingga saat ini. Nerrazzuri menyingkirkan nama Juventus sebagi klub yang berada didalam nama ini, terkait skandal Calciopoli yang memaksa La Vecchia Signora bermain di level kedua kompetisi sepakbola mereka, Serie-B pada tahun 2006.

Inter sebenarnya pernah berada di posisi akhir klasemen Serie A pada 1922 setelah hanya mengumpulkan 11 poin. Namun format liga baru pada musim berikutnya membuat Inter tetap bertahan di Serie A setelah mampu menang di babak play-off, menumbangkan SC Italia-Milan dan Libertas Firenze.

Liga Spanyol

Liga Spanyol juga menampilkan beberapa nama kesebelasan yang belum pernah terdegradasi dari liga teratasnya. Bila Anda menebak bahwa Barcelona dan Real Madrid belum pernah terdegradasi, maka tebakan Anda benar.

Kedua klub tersebut belum pernah turun dari kompetisi top-flight sejak liga Primera Division didirikan pada 1929. Nama lainnya yang juga belum pernah mengalami hal serupa adalah klub asal Basque, Athletic Club Bilbao.

Liga Prancis

Paris Saint-Germain menjadi satu-satunya tim yang belum pernah terdegradasi sejak berpromosi ke Divisi Satu Prancis pada musim 1973/74. Namun banyak pihak yang memperdebatkan status ini. Paris Saint-Germain (kala itu bernama Paris FC) pernah mengalami perpecahan pada tahun 1972. Satu kubu bergabung dengan klub CA Mounteruil tetap bertahan dengan nama Paris FC. Sementara kubu lainnya melakukan merger dengan klub Stade Saint-Germain dan membentuk Paris Saint-Germain, namun harus rela memulai lagi dari Divisi Tiga. Dua musim kemudian PSG tampil di Divisi Satu dan hingga saat ini belum pernah turun dari level kompetisi sepakbola Prancis, termasuk saat Divisi Satu Prancis mengganti namanya menjadi Ligue1 pada tahun 2002.

Komentar