Menanti Eksodus Pemain dari Roma Menuju London

Cerita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Menanti Eksodus Pemain dari Roma Menuju London

Chelsea telah resmi mengangkat Antonio Conte sebagai nakhoda baru mereka untuk musim depan. Kedatangan Conte di Stamford Bridge diharapkan banyak pendukung The Blues untuk memperbaiki performa klub asal London tersebut. Dengan ditunjuknya Conte sebagai manajer, akan perubahan besar-besaran di klub milik Roman Abramovich tersebut.

Eksodus pemain pun sudah diramalkan bakal terjadi menuju London Barat. Beberapa nama disebut-sebut akan memperkuat Chelsea musim depan, di antaranya Miralem Pjanic, Radja Nainggolan, Kostas Manolas, dan Leonardo Bonucci. Jika melihat rumor keempat pemain tersebut, AS Roma tentu bakal menjadi tim yang paling merugi. Pasalnya, meski Chelsea siap membayar dengan harga yang mahal, namun ketiga pemain tersebut, Pjanic, Nainggolan, dan Manolas, adalah kunci permainan Roma.

Kepergian Pjanic menjadi hal yang paling ditakutkan dari ketiganya. Bukan hanya karena ia adalah mesin assist AS Roma kini, tapi lebih dari itu. Pjanic adalah pengubah permainan Roma, atau jika melihat permainannya, Pjanic adalah motor serangan Roma. Ia bahkan sudah menjadi pemain kunci Giallorossi, sejak datang dari Olympique Lyon, 2011 lalu. Sky Sports melansir bahwa kedatangan Pjanic bukan suatu hal yang mustahil dilakukan oleh Chelsea. Selain keberadaan kompatriotnya, Asmir Begovic, Pjanic diyakini memiliki klausul pembelian yang tak cukup tinggi.

Masih menurut Sky Sports, Pjanic dikabarkan memiliki klausul buy-out sebesar 30 juta poundsterling. Tidak hanya masalah buy-out fee Pjanic yang membuat AS Roma khawatir. Kontrak yang ditawarkan oleh Chelsea ke Pjanic dikabarkan cukup menggiurkan. Tidak tanggung-tanggung, The Blues juga siap menawarkan kontrak kepada Pjanic dengan gaji lebih dari 65 ribu poundsterling per pekan, lebih banyak dari gaji yang saat ini diterima Pjanic di Roma. Jika kedatangan Pjanic benar-benar terealisasi, Conte tak perlu ragu untuk memainkan formasi tiga bek yang pernah ia gunakan di awal kedatangannya di Juventus. Sebab, Pjanic nyatanya juga tak pernah kesulitan untuk bermain sebagai gelandang di depan tiga bek.

Selain Pjanic, nama yang disebut-sebut bakal pergi ke Stamford Bridge adalah Radja Nainggolan. Nainggolan sendiri saat ini bukan hanya buruan Chelsea, beberapa klub besar seperti Juventus dan Barcelona, juga dikabarkan telah menyatakan ketertarikannya kepada pemain berdarah Indonesia ini. Express melansir, alasan Conte memilih Nainggolan adalah karena pemain asal Belgia ini mampu berfungsi sebagai destroyer di lapangan.

"Di Juventus, Conte menggunakan Arturo Vidal sebagai destroyer untuk menjaga Paul Pogba yang berperan lebih stylish. Saya pikir Conte akan mendatangkan pemain yang mampu bermain seperti Vidal. Dan pemain tersebut bisa jadi Radja Nainggolan, yang juga Conte sukai," ucap reporter Sky Italia, Augusto de Bartolo. Rencana mendatangkan Nainggolan pun nampaknya bukan hanya isapan jempol. Salah satu media di Italia, Corriere dello Sport bahkan menyatakan bahwa Direktur Olahraga AS Roma, Walter Sabatini, kini tengah berada di London untuk membicarakan rencana transfer Nainggolan.

Meski demikian, Nainggolan mengaku belum ada rencana lebih lanjut mengenai kepindahannya ke London. "Orang-orang selalu membicarakan masa depan saya sebelum musim usai sejak saya berada di Cagliari. Selama lima tahun berada di sana, sudah lima kali saya disebut akan pindah," ucap Nainggolan. "Saat ini saya tengah fokus untuk mengakhiri musim dengan baik dan mencapai semua target yang telah kami tetapkan di awal musim. Saya baru saja memperbarui kontrak, oleh karena itu saya tidak akan cepat pergi," tambahnya. "Saya belum mendengarkan tawaran dari klub mana pun. Saya bahkan tidak tahu klub mana saja yang tertarik. Masa depan saya cukup jelas di sini. Apakah saya akan pindah ke London? Tidak, saya tidak cukup cakap berbahasa Inggris." imbuh Nainggolan.

Nama terakhir yang disebut akan meninggalkan Roma adalah bek tangguh asal Yunani, Kostas Manolas. Bahkan, Metro telah melansir kabar bahwa Conte sendiri telah mengadakan pertemuan dengan agen Manolas, Ioannis Evangelopoulos. Manolas diyakini memiliki banderol seharga 30 juta Poundsterling. Permainan tangguh eks bek Olympiakos ini diyakini membuat Conte kepincut terhadapnya. Manolas sendiri diplot untuk menggantikan John Terry yang kontraknya akan habis per akhir musim ini.

Menariknya, AS Roma tidak akan semudah itu melepas Manolas. Pasalnya, klausul kontrak Manolas begitu unik. Dalam salah satu pasal yang dijelaskan oleh Football Italia, Roma harus memberikan 50 % uang penjualan Manolas kepada Olympiakos jika ia pergi akhir musim ini.

Rencana transfer tiga pemain ini diyakini akan memperbaiki kelemahan-kelemahan Chelsea musim ini. Jika Chelsea benar-benar mendatangkannya ketiganya, apakah ketiganya mampu memberikan kontribusi sebanyak yang mereka berikan ke Roma? Bukankah pemain asal Serie A selalu kesulitan jika bermain di Inggris.

ed:fva

Komentar