Cerita

by redaksi

Jurgen Klopp sukses membawa Liverpool lolos ke babak perempat final setelah berhasil menahan imbang Manchester United dengan skor 1-1 di Old Trafford pada Jumat (18/03). United sempat unggul lebih dulu lewat penalti Anthony Martial, akan tetapi Philippe Coutinho berhasil menyamakan kedudukan melalui gol cantiknya. Sebelumnya mereka telah mengantongi dua gol ketika bermain pada leg pertama yang dihelat di Anfield. Dengan hasil tersebut The Reds berhasil lolos dengan agregat 3-1.

Seperti diketahui Klopp datang pada 8 Oktober 2015 untuk menggantikan posisi Brendan Rodgers yang dipecat setelah menunjukan performa buruk kala melatih Liverpool. Mantan pemain yang banyak menghabiskan sebagian besar karirnya di Mainz 05 tersebut memulai debutnya sebagai pelatih saat meraih hasil imbang menghadapi Tottenham Hotspur.

Meskipun menunjukan grafik yang lambat, pelan tapi pasti Klopp membawa Liverpool lebih baik dibanding era Rodgers di awal musim. Pada beberapa pertandingan awal Klopp terlihat masih beradaptasi dengan skuad warisan Rodgers, namun kini Liverpool sudah mulai menemukan kembali konsistensi mereka.

Tiga pertandingan terakhir di ajang Liga Primer juga berhasil dilibas dengan tiga kemenangan. Kini mereka berhasil merangsek ke peringkat delapan dengan mengumpulkan 44 poin dari 28 pertandingan. Sementara Southampton yang berada di atasnya, mempunyai poin yang sama dan telah bermain sebanyak 30 kali. Dengan selisih dua pertandingan, besar peluang Liverpool untuk  menggeser Soton.

Tanpa mengesampingkan peluang untuk meraih gelar Liga Primer musim ini, capaian terbesar yang paling realistis adalah finis di posisi empat besar. Pasalnya, jarak dengan Leicester City sebagai pemuncak klasemen sementara terpaut jauh yakni 19 poin. Situasi yang agak sulit saat Liverpool hanya menyisakan 10 pertandingan lagi. Akan tetapi jika berbicara mengenai kans untuk menembus zona Liga Champions, mereka harus melampaui Manchester City yang kini meraih 51 angka di urutan keempat. Bukan hal yang mustahil jika melihat apiknya performa Liverpool beberapa minggu terakhir.

Ditengah jenuhnya fans Liverpool yang haus akan gelar, Klopp datang membawa setitik harapan. Ia berhasil mendapatkan tiket untuk lolos ke babak perempat final Europa League, yang lebih membahagiakan adalah mereka mendapatkannya setelah sukses menaklukan rival tradisionalnya di Inggris, Manchester United. Hasil tersebut mencatatkan Klopp menjadi manajer pertama sejak Graeme Sounnes pada Oktober 1991 yang mampu menghindari kekalahan di pertandingan pertamanya di Old Trafford. Sebuah pencapaian yang patut diapreasiasi. Selain itu ia juga berhasil membawa Liverpool mencapai babak perempat final untuk pertama kalinya sejak musim 2009/2010.

Jika semua personel The Beatles yang berasal dari Liverpool masih hidup, mereka akan mengucapkan rasa terimakasih yang layak diberikan. Lewat sebuah lagu She’s (He’s) Got a Ticket To Ride, sebuah tiket yang diberikan Klopp kepada Liverpool untuk melaju ke babak perempat final, sebuah tiket penting bagi publik Anfield saat ini.

Foto : telegraph

Komentar