Aksi Akrobatik Kiper Millwall Ini Tuai Pujian

Cerita

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

Aksi Akrobatik Kiper Millwall Ini Tuai Pujian

Nama Rene Higuita akan lekat dengan "tendangan kalajengking", aksi akrobatik yang ia lakukan saat mengawal gawang Kolombia dalam pertandingan persahabatan menghadapi Inggris pada 6 September 1995. Dua dekade berselang, Jordan Archer melakukan improvisasi yang hampir sama; mengagumkan dan menegangkan di waktu yang bersamaan.

Sore itu, Millwall tengah menjamu Peterborough di The Den. Pertandingan lanjutan League One tersebut masih berkedudukan 0-0 jelang babak pertama berakhir. Bek Millwall, Mark Beevers, yang hampir mencapai garis tengah lapangan tak memiliki opsi memberikan bola ke depan. Ia pun berinisiatif dengan mengirimkan backpass kepada Archer.

Namun, bola umpan Beevers lebih tepat disebut tendangan karena melambung begitu tinggi dan mulai menukik menuju gawang. Sadar kalau bola backpass tak boleh ditangkap, Archer pun mulai berpikir. Ia langsung melompat dan menjangkau bola dengan kepalanya. Bola pun memantul melewati mistar.

Pertandingan itu sendiri berakhir dengan kemenangan Millwall 3-0. Usai pertandingan, kepada Sky Sports, mantan kiper Tottenham Hotspur itupun menjelaskan. "Awalnya aku akan menahan bola dengan dada. Lalu, aku sadar bolanya melayang di udara. Jadi, aku mundur dan berusaha semampuku untuk menahannya. Untungnya aku berhasil menghalau bola melewati mistar," ucap Archer.

Archer kemudian menggambarkan reaksi teman-temannya di ruang ganti, "Mereka cukup terkejut, dan itu cukup jenaka."

Sementara itu, manajer Millwall, Neil Harris, menggambarkan para pemain tertawa soal penyelamatan itu dan memberi selamat buat Archer. "Itu adalah backpass dari 50 yard dan aku tak mau sering-sering melihat itu," kata Harris dikutip South London Today. "Jordan adalah kiper modern. Kami bisa tertawa dan membuat lelucon tentang itu. Namun, Jordan dan semua orang senang dengan clean sheet."

Clean sheet itu sendiri merupakan yang keempat dari lima pertandingan terakhir. Apa yang dilakukan Archer pun dikomentari oleh komentator pertandingan, Chris Kamara: "Take a bow Jordan Archer!"


">@Jordan_Archer doing his best Grégory Coupet impression this weekend. Brilliant improvisation.


— Pro:Direct Keepers (@ProD_Keepers) http://twitter.com/ProD_Keepers/status/701515616130375684">February 21, 2016

Bagaimana reaksi pengguna Twitter?

">February 21, 2016


">February 20, 2016

">February 21, 2016

Ini yang terbaik:

">@Jordan_Archer No.1 fan!!


— Me (@lawnsower) http://twitter.com/lawnsower/status/701414289702305792">February 21, 2016

Komentar