Alex Teixeira dan Transfer Kelas Dunia yang Ia Kalahkan

Cerita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Alex Teixeira dan Transfer Kelas Dunia yang Ia Kalahkan

Kepindahan Alex Teixeira ke Jiangsu Suning bukan termasuk transfer biasa. Pasalnya, harga yang disepakati kedua kesebelasan, Shakhtar Donetsk dan Jiangsu, sudah terhitung cukup tinggi, bahkan terhitung tinggi untuk kelas pemain Eropa. Menurut situs Transfermarkt, ada beberapa transfer yang dipecahkan oleh Teixeira, di antaranya adalah di Tiongkok, Benua Asia, dan Ukraina.

Angka 50 juta Euro (757,73 milyar Rupiah) untuk mendatangkan Teixeira pun mengalahkan beberapa transfer yang terjadi di dunia. Jika diukur berdasarkan transfer di Tiongkok, ia menjadi pemain termahal yang pernah didatangkan oleh kesebelasan Tiongkok. Melebihi angka yang dikeluarkan oleh Guangzhou Evergrande untuk seorang Jackson Martinez yang dihargai sekitar 42 juta Euro dan transfer rekan senegaranya, Ramires ke Jiangsu dengan harga 27 juta Euro.

Tak hanya di Tongkok, ia juga mengalahkan rekor transfer pemain di Benua Asia, yang sebelumnya juga dipegang Martinez.

Melangkah ke kompetisi nomor satu di Ukraina, Ukrainian Premier League, tempat di mana Teixeira bermain. Teixeira berhasil menjadi pemain paling mahal, setelah ia mengalahkan transfer Manchester City kepada rekan senegaranya, Fernandinho yang terjadi pada musim 2013/14.

Kala itu, Fernandinho yang memperkuat Shakhtar hijrah ke City dengan biaya 39 juta Euro. Bukan Fernandinho saja yang transfernya dikalahkan Teixeira, transfer Willian Borges dari Shakhtar ke Anzhi Makhachkala musim 2012/13 juga dikalahkan, padahal biaya transfernya mencapai 34 juta Euro.

Naik ke level pemain Brasil yang di dunia. Teixeira menjadi pemain Brasil termahal ketiga, di bawah Neymar dan Kaka. Transfer pemain termahal Brasil, Neymar sendiri diperkirakan mencapai 86 juta Euro, meski sampai sekarang diperkirakan jumlah yang dikeluarkan oleh Barcelona masih menjadi pertanyaan.

Nama Kaka menjadi pemain Brasil termahal kedua di dunia, yang mana kepindahannya dari AC Milan ke Real Madrid mencapai angka 63 juta Euro pada musim 2009/10. Di peringkat empat ada nama David Luiz kala pindah dari Chelsea ke Paris Saint-Germain dengan biaya 48 juta Euro.

Sementara, di peringkat kelima pemain Brazil termahal ada nama Ronaldo Luis Nazario da Lima alias Ronaldo. Transfer Ronaldo saat hijrah dari Inter Milan ke Real Madrid, sendiri mencapai 44 juta Euro, angka yang cukup besar pada musim 2002/03.

Di posisi gelandang serang, Teixeira menjadi pemain termahal keempat hingga saat ini. Di atasnya, ada nama James Rodriguez, Zinedine Zidane, dan Kaka. Transfer James kala hijrah dari klub Prancis, AS Monaco ke Real Madrid menjadi paling mahal. Sebab, uang sebanyak 78 juta Euro digelontorkan El Real untuk mendapatkan jasa pemain Timnas Kolombia ini.

Tempat kedua, dihuni oleh Zinedine Zidane. Transfer Zizou pun sempat menjadi yang termahal di dunia kala ia pindah ke Real Madrid dari Juventus dengan biaya 72 juta Euro di musim 2001/02, sebelum dipecahkan oleh Cristiano Ronaldo pada musim 2009/10.

Posisi kelima gelandang termahal ditempat Mesut Ozil. Transfer mahal Ozil terjadi pada musim 2013/14, kala ia memutuskan hengkang dari Real Madrid ke Arsenal dengan biaya 45 juta Euro, lebih besar dua kali lipat daripada saat Madrid mendapatkannya dari Werder Bremen musim 2010/11.

Di dunia, transfer Teixeira mungkin tak seberapa jika dibandingkan transfer yang dilakukan klub-klub berkantong tebal seperti Barcelona, Real Madrid, ataupun Manchester City. Ia pun hanya menjadi pemain ke-18 termahal di dunia.

Namun, jika dilihat dari pemainnya, transfer Teixeira mengalahkan beberapa pemain bintang. Di antaranya adalah Sergio Aguero, Juan Mata, Alexis Sanchez, Thiago Silva, dan Eden Hazard.

Sergio Aguero yang kini telah mencetak 13 gol untuk Manchester City di Liga Primer Inggris, menjadi salah satu pemain bintang yang transfernya dikalahkan Teixeira. Yang mana, pada musim 2011/12, Aguero didatangkan oleh City dari Atletico Madrid dengan biaya 44 juta Euro.

Selain Aguero, ada nama Juan Manuel Mata, yang didatangkan Manchester United dari Chelsea pada musim 2013/14 dengan biaya yang hampir sama dengan biaya yang dikeluarkan City untuk Aguero.

Selain keduanya, transfer Alexis Sanchez juga dikalahkan oleh Teixeira. Alexis yang saat itu memperkuat Barcelona hijrah ke Arsenal dengan biaya 41 juta Euro, selisih 500 ribu Euro dengan uang dibayarkan Paris Saint-Germain kepada AC Milan untuk transfer Thiago Silva.

Pemain bintang lain yang transfernya dikalahkan oleh Teixeira adalah Eden Hazard. Kendati hijrah dari klub kecil, LOSC Lille, tapi biaya yang dikeluarkan Chelsea pada musim 2012/13 untuknya cukup besar, yakni 39 juta Euro.

Melihat banyaknya transfer yang disalip transfer Teixeira, sudah cukup membuktikan bahwa apapun bisa terjadi dalam sepakbola. Tak peduli dari liga yang terganggu perang, hingga kisruh organisasi.

foto : shakthar.com

Komentar