Giroud Bukan Pembawa Keberuntungan Melawan Sunderland

Cerita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Giroud Bukan Pembawa Keberuntungan Melawan Sunderland

Arsenal akan menghadapi Sunderland pada pekan ke-15 Liga Primer Inggris. Sementara Danny Welbeck memiliki kenangan manis tentang Sunderland, Olivier Giroud memiliki hal lain.

Sekilas Olivier Giroud, dengan rataan satu gol/assist dalam lima pertandingan Premier League melawan Sunderland adalah pembawa keberuntungan dalam setiap pertandingan melawan kesebealasan yang julukannya adalah simbol kesialan. Kenyataannya? Bukan.

Benar memang Olivier Giroud mencetak tiga gol dan dua assist dalam lima pertandingan melawan Sunderland. Namun berlebihan jika ada yang kemudian menganggap pemain berkebangsaan Prancis tersebut pembawa keberuntungan. Giroud tidak selalu (membawa Arsenal) menang melawan Sunderland.


">@_OlivierGiroud_ to get on the scoresheet against Sunderland? http://twitter.com/hashtag/AFCvSAFC?src=hash">#AFCvSAFC


— Arsenal FC (@Arsenal) http://twitter.com/Arsenal/status/672957487620874242">December 5, 2015

Sejak Giroud bergabung dengan Arsenal, the Gunners telah bertanding melawan Sunderland sebanyak enam kali dan semuanya di Premier League. Eks pemain Montpellier Hérault Sport Club tersebut absen dalam satu pertandingan, pada pekan kesembilan musim lalu, karena cedera. Tanpa Giroud, Arsenal menang dua gol tanpa balas. Alexis Sánchez mencetak kedua gol Arsenal. Penyerang tengah yang memiliki tinggi badan 1,92 meter ini hanya terlibat dalam lima pertandingan melawan Sunderland dan, walau tidak pernah kalah, ia hanya memenangi tiga dari lima pertandingan tersebut.

Catatan paling penting adalah: Giroud bermain melawan sudah bermain melawan Sunderland di tiga musim berbeda namun semua gol dan assist-nya ke gawang Sunderland tercipta di satu musim yang sama, musim 2013/14.

Giroud mencetak satu gol dan satu assist dalam kemenangan tandang 1-3 di Stadium of Light pada pekan keempat. Ketika Arsenal bergantian menjamu Sunderland di Emirates Stadium pada pekan ke-27, pemain yang lahir di Chambéry ini mencetak dua gol dan satu assist. Arsenal menang 4-1. Bisa jadi, jika Giroud mencetak tiga gol dan satu assist malam ini, Arsenal menang 5-1; ada kesamaan kecenderungan dalam kedua pertandingan Arsenal dan Sunderland dua musim lalu.

Giroud, jika memang ia pembawa keberuntungan dalam setiap pertandingan melawan satu kesebelasan tertentu, adalah pembawa keberuntungan melawan Newcastle United (catatan: Newcastle adalah rival Sunderland. Kebetulan?). Belum pernah, sejak penyerang tim nasional Prancis ini bergabung dengan mereka, Arsenal kalah atau bermain imbang melawan Newcastle. Dalam tujuh pertandingan yang semuanya kebetulan terjadi di Premier League, Arsenal menang tujuh kali. Dalam tujuh kemenangan tersebut – yang salah satunya dengan skor mencolok 7-3 – Arsenal mencetak 19 gol dan hanya kebobolan lima kali. Giroud sendiri mencetak delapan gol dan satu assist.

Dengan tujuh gol, Giroud adalah pencetak gol Premier League terbanyak Arsenal di musim ini. Tepat di belakangnya ada Alexis Sánchez dengan enam gol. Giroud bisa jadi dewa keberuntungan dengan golnya ke gawang Sunderland bisa jadi karena performanya sepanjang musim ini, bukan karena keberuntungannya saat menghadapi Sunderland saja.

Komentar