Penalti-Penalti Liverpool di Premier League

Cerita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Tidak bisa berbahasa Finlandia.

Penalti-Penalti Liverpool di Premier League

Gol penalti James Milner ke gawang Swansea City (29/11) dalam lanjutan Premier League musim ini berarti, sebagaimana tertulis di situs resmi Premier League, Liverpool telah mendapat dan mencetak lebih banyak penalti dari kesebelasan mana pun sepanjang sejarah Premier League. Fakta ini menarik saya untuk mencari tahu lebih jauh mengenai Liverpool dan penalti-penalti mereka di Premier League.

Saya mulai dengan mencari tahu berapa jumlah penalti yang didapat Manchester United, yang katanya sering diuntungkan wasit itu, dalam daftar penerima penalti sepanjang sejarah Premier League. Lewat data yang saya dapat dari Mirror, diketahui bahwa jumlah penalti yang didapat United sejak Premier League pertama kali bergulir hanya 121 saja. “Hanya”, karena jumlah tersebut 14 penalti lebih sedikit dari Liverpool dan jumlah 121 tidak menempatkan United tepat di belakang Liverpool. Adalah Arsenal, dengan 126 penalti, yang menduduki peringkat kedua.

Penggalian informasi saya lanjutkan kepada siapa saja yang mencetak 103 penalti Liverpool di Premier League. Situs LFC History mencatat dengan rapi setiap penalti yang Liverpool cetak di semua kejuaraan, dalam bentuk tabel sehingga mudah dibaca. Nama pencetak penalti diiringi tanggal terciptanya penalti, hasil akhir pertandingan, lawan yang dihadapi, serta stadion dan kejuaraan tempat berlangsungnya pertandingan. Dari data-data yang tersedia, saya mencatat beberapa hal yang penting.

Liverpool musim ini baru mencetak dua penalti: satu di Europa League melawan Girondins de Bordeaux, dan satu di Premier League melawan Swansea City. Kedua penalti tersebut Liverpool didapat ketika bermain di Anfield. Eksekutor keduanya adalah James Milner yang, menurut catatan situs resmi Premier League, pantas dijadikan eksekutor utama: “Milner telah terbukti dapat diandalkan dari titik putih, setelah mencetak empat penalti secara berturut-turut dan (mencetak) lima dari enam penalti terakhirnya di Premier League.”

Itu berarti Jordan Henderson hanya meneruskan tugas Steven Gerrard sebagai kapten, namun bukan sebagai eksekutor tendangan penalti. Henderson baru sekali mencetak gol penalti: ketika Liverpool kalah 1-4 dari Arsenal musim lalu, tepatnya 4 April 2015. Gerrard sendiri, sepanjang karirnya di Liverpool, mencetak 32 gol penalti di Premier League saja (secara keseluruhan di semua kejuaraan: 47 gol penalti).

Dengan 32 gol Gerrard memimpin daftar pencetak gol penalti untuk Liverpool di Premier League. Ada jarak yang sangat lebar antara Gerrard dan pemain yang menduduki peringkat kedua dalam daftar ini. Daftar para pencetak gol penalti untuk Liverpool di Premier League, diurutkan berdasarkan jumlah golnya adalah: Steven Gerrard (32), Robbie Fowler (14), Michael Owen (11), Dirk Kuyt (8), Jan Mølby (7), Danny Murphy (5), Mark Walters (4), Djibril Cissé, Jamie Redknapp (3), Julian Dicks, Milan Baroš, Patrik Berger, Xabi Alonso (2), Charlie Adam, Daniel Sturridge, Gary McAllister, Harry Kewell, James Milner, Jari Litmanen, John Barnes, dan Jordan Henderson (1).

foto: metro.co.uk

Komentar