Membangun Sepakbola Bersama Seluruh Lapisan Masyarakat ala Australia

Cerita

by Abimanyu Bimantoro Pilihan

Abimanyu Bimantoro

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Membangun Sepakbola Bersama Seluruh Lapisan Masyarakat ala Australia

Usaha Australia untuk mengembangkan sepakbola di negaranya benar-benar tidak main-main. Sebelumnya, negara yang baru saja menjuarai Piala Asia 2015 ini, sudah mulai memperbaiki bagian-bagian dari sepakbola mereka yang bermasalah. Dari mulai membersihkan sepakbola dari praktik korupsi, sampai membangun kompetisi yang kompetitif.

Hasilnya, prestasi tim nasional sepakbola mereka pun meningkat pesat. Tahun 2006 mereka berhasil lolos ke Piala Dunia Jerman setelah absen sejak tahun 1974. Selanjutnya mereka tidak pernah absen untuk berpartisipasi pada kompetisi sepakbola paling bergengsi ini hingga perhelatan di Brasil tahun 2014 lalu.

Mereka pun tidak pernah berhenti menghasilkan pemain-pemain berkualitas. Pemain-pemain berkebangsaan Australia sudah banyak yang bermain di kompetisi-kompetisi terbaik Eropa. Salah satunya adalah kiper Borussia Dortmund, Mitchell Langerak, yang kini menjadi kiper utama tim asal Jerman tersebut. Selain itu, masih banyak nama lain yang tidak bisa diragukan kemampuannya seperti Tim Cahill, Mark Bresciano, Robbie Kruse, dan pemain-pemain lainnya.

Namun ternyata, apa yang sudah dicapai Australia saat ini masih belum membuat mereka puas. Mereka masih berpendapat bahwa sepakbola mereka masih harus maju lebih jauh lagi. Dan kali ini, mereka mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut membantu memajukan sepakbola.

Pada tahun 2015 ini, federasi sepakbola Australia pun menyusun satu perencanaan yang bertujuan untuk semakin memajukan sepakbola Australia ini. Perencaan ini diberi nama ‘Whole of Football Plan’, dengan target selama 20 tahun.

Mereka tidak menyebut prestasi tim nasional yang menjadi tujuan utama dari program ini. Bukan juga sekadar berhasil menciptakan pemain-pemain sepakbola berkemampuan kelas dunia. Yang mereka inginkan dari rencana yang ditargetkan dalam 20 tahun ke depan adalah menjadikan sepakbola menjadi olahraga paling populer di Australia.

Tentu saja muara semua program ini memang akan mengarah ke prestasi sepakbola. Namun mereka melihat membangun sepakbola dari level yang paling bawah adalah cara yang paling tepat untuk menghasilkan prestasi di level teratas. Anggapan mereka, membuat membuat semakin banyak orang yang berpartisipasi dalam sepakbola, tentu akan meningkatkan prestasi sepakbola itu sendiri.

Secara logika sederhana, ketika semakin banyak orang bermain sepakbola di level terendah, maka kualitas di level tersebut akan semakin meningkat. Meningkatnya kualitas di level akar rumput ini, otomatis akan meningkatkan pula kualitas di level-level yang lebih tinggi. Dari situ kemudian prestasi akan bisa diraih.

Saat ini memang sepakbola belum menjadi olahraga paling populer di Australia. Masyarakat Australia lebih menggemari olahraga lain seperti cricket, rugby, hockey, dan netball. Sedangkan sepakbola hanya menjadi pilihan yang kesekian bagi masyarakat Australia.

Hal inilah yang ingin diubah oleh pihak federasi sepakbola Australia. Karena mereka memang sangat membutuhkan lebih banyak lagi orang untuk berpartisipasi di dunia sepakbola. Dan di sinilah mereka mengajak semua masyarakat untuk berperan serta membangun sepakbola Australia.

Menurut data yang dimiliki oleh pihak sepakbola Australia, saat ini mereka memiliki jumlah penduduk sebanyak 23,6 juta. Dari total jumlah penduduk, hanya 31% (7,5 juta) yang berada di dalam komunitas sepakbola, 8% (2 juta) yang aktif bermain sepakbola, dan 2% (0,6 juta) yang terdaftar aktif di sepakbola. Lalu 20 tahun setelah ini, atau pada tahun 2035, diproyeksikan penduduk Australia akan bertambah menjadi 30 juta penduduk. Dari total jumlah penduduk tersebut, ditargetkan orang-orang yang berada di komunitas sepakbola akan menjadi 50% (15 juta), yang aktif bermain sepakbola menjadi 13% (4 juta), dan yang terdaftar aktif di sepakbola menjadi 6% (2 juta).

Inilah yang menjadi target dari program yang baru saja diluncurkan pihak federasi sepakbola Australia di tahun 2015 ini. Tentu saja, tidak mudah untuk bisa mencapai target tersebut. Ada banyak hal yang harus disiapkan untuk bisa membuat jumlah masyarakat yang tertarik pada sepakbola meningkat di Australia.

aus

Dalam dokumen Whole of Football Plan Australia, dijelaskan terdapat 9 poin yang akan menjadi sasaran pembangunan sepakbola Australia untuk membuat sepakbola menjadi yang terpopuler. Kesembilan poin tersebut adalah, komunitas sepakbola, kepelatihan, fasilitas, wasit, administrasi, hubungan antar fans, kompetisi, pengembangan pemain, dan tim nasional.

Dokumen ini kemudian menjabarkan semua yang berkaitan dalam kesembilan poin tersebut. Dari mulai situasi saat ini, tantangan yang akan dihadapi, target dari masing-masing poin, dan strategi untuk mencapainya.

Dokumen ini juga menjelaskan apa saja yang bisa dilakukan oleh masing-masing komponen masyarakat serta semua stakeholder yang berhubungan dengan sepakbola. Dari situ, setiap komponen akan memiliki perannya masing-masing dan memberikan kontribusi bagi perkembangan sepakbola Australia. Maka, dalam menjalankan misi besar ini, federasi sepakbola Australia tidak berjalan sendirian. Mereka mengerahkan seluruh masyarakat Australia yang kini sudah berada di lingkungan sepakbola, untuk mengembangkan olahraga yang mereka cintai ini.


Komentar