Arti Penting "Revierderby" bagi Pemuda Asli Dortmund

Cerita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Arti Penting

Marco Reus melewatkan Revierderby edisi pertama musim ini karena dirinya masih dalam proses penyembuhan cedera. Reus hanya bisa menyaksikan kesebelasan yang ia cintai dipermalukan di kandang musuh bebuyutan. Hal yang sama tidak akan terjadi malam ini. Ia akan menjadi pusat permainan dan berusaha sebaik mungkin untuk membawa kesebelasannya mengalahkan "Kesebelasan Tetangga".

Lahir dan besar di Dortmund, Reus tumbuh menjadi seorang anak yang mencintai BV Borussia Dortmund. Tak hanya itu, sebagai pemuda setempat, Reus juga mengerti arti Revierderby. “Pada dasarnya, Revierderby ada dalam diri kami. Melawan Schalke, kami tahu bahwa kami harus terus berlari dan berjuang hingga mati; kami tidak boleh kalah,” ujarnya dalam sebuah sesi wawancara eksklusif bersama situs resmi Bundesliga.

Rasa cinta Reus kepada Dortmund tak perlu lagi dipertanyakan. Jika bukan karena cinta, lantas apa yang membuat Reus mau kembali membela Dortmund, kesebelasan yang melepasnya pergi ke Rot Weiss Ahlen saat keinginannya menimba ilmu di akademi sepakbola Dortmund sedang besar-besarnya?

Cinta Reus kepada Dortmund tak perlu diragukan. Begitu pula semangatnya untuk mengalahkan Schalke. Sepanjang karirnya, Reus sudah sebelas kali bertanding melawan Schalke. Tujuh pertandingan di antaranya ia jalani sebagai pemain Borussia Mönchengladbach, kesebelasan yang ia bela setelah Rot Weiss Ahlen dan sebelum Dortmund. Semua Revierderby yang ia jalani terjadi di Bundesliga.

Baca juga: Kebencian yang Menancap Begitu Kokoh dalam Revierderby

Saling Benci Dua Klub Buruh di Lembah Ruhr


Dalam dua Revierderby pertamanya, Reus selalu merasakan kekalahan. Debutnya di Revierderby, 20 Oktober 2012, berakhir dengan kekalahan tipis 1-2. Satu assist-nya untuk Robert Lewandowski (sekarang bermain untuk FC Bayern München) tidak mampu memberi arti. Saat berkunjung ke Veltins-Arena di putaran kedua Bundesliga, Reus dan Dortmund kembali kalah dengan skor yang sama.

Reus merasakan kemenangan Revierderby pertamanya di percobaan ketiga. Pada pekan kesepuluh musim lalu (26/10/2013), Reus menyumbang satu assist – kali ini untuk Pierre-Emerick Aubameyang – dalam kemenangan tandang 3-1. Saat Dortmund bertindak sebagai tuan rumah, pertandingan berakhir sama kuat tanpa gol.

Jika saja Reus tidak menderita cedera, hasil pertandingan Revierderby edisi pertama musim ini mungkin berbeda. Namun yang terjadi, terjadilah. Reus hanya bisa menjadi penonton saat lawatan Dortmund ke Gelsenkirchen berakhir dengan tangan hampa. Itulah yang membuat pertandingan nanti malam menjadi istimewa.

Reus yang belum lama ini baru menerima tawaran perpanjangan kontrak dari Dortmund siap membalas kekalahan Hinrunde (putaran pertama). Bersama Aubameyang yang nampak sudah akrab dengan atmosfir Revierderby, Reus siap kembali menebar ancaman; pekan lalu keduanya bermain apik dan bekerja sama dengan baik saat Dortmund mencatatkan kemenangan atas VfB Stuttgart.

Baik Schalke maupun Dortmund sama-sama mengantungi 30 kemenangan dari 85 Revierderby yang terjadi di ajang Bundesliga. Reus, pemuda kebanggan masyarakat setempat, siap mengubah catatan tersebut menjadi 31; mengajari Schalke dan para pendukungnya untuk tidak macam-macam di Dortmund.

Baca juga cerita lainnya: Adolf Hitler dan Persaingan Dortmund versus Schalke

Ketika Hitler Memperalat Schalke Melawan Yahudi

Komentar