Suporter Celtic: Old Firm Derby Telah Tiada

Cerita

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, master of sport science, bachelor of science (architecture actually), licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Suporter Celtic: Old Firm Derby Telah Tiada

Selama bertahun-tahun, satu hal yang dinantikan sepakbola Skotlandia adalah tanggal ketika Glasgow Celtic dan Glasgow Rangers bertemu di Old Firm Derby. Namun sekarang ini hal tersebut adalah hal yang langka.

Persaingan sengit antara kedua kesebelasan terjadi selama puluhan tahun, sampai Rangers dilikuidasi dan akhirnya gulung tikar pada tahun 2012. Kemudian “the new Rangers” terbentuk dan memulai kompetisi sepakbola Skotlandia dari kasta terbawah, yaitu Scottish Third Division.

Kedua kesebelasan mempersiapkan diri untuk saling bertemu pada Hari Minggu ini (1/2) di semi-final Piala Liga Skotlandia. Pertemuan ini tentunya sangat dinanti-nantikan, tapi tidak oleh semua penggemar.

Sekelompok pendukung Celtic telah melakukan sesuatu yang ekstrim untuk menganggap pertandingan tersebut tidak sebesar yang orang-orang kira.

Dalam iklan seharga 3.000 poundsterling di Scottish Sunday Herald, fans Celtic telah menolak metode pendekatan “Old Firm” dalam sebuah pesan yang panjang. Ini menjelaskan bahwa pertandingan nanti adalah “pertama kalinya kedua kesebelasan akan saling berhadapan”, seperti yang bisa Anda baca di bawah ini:

celtic-ad

Karena Rangers yang dilikuidasi dua tahun lalu, iklan ini mengacu ke kesebelasan tersebut sebagai “the new Rangers baru” atau “Rangers yang baru”. Iklan itu diakhiri dengan pernyataan yang paling memberatkan:

“Sebagai pendukung Celtic, sayangnya kami mengakui bahwa kesebelasan kami memiliki hubungan yang panjang dengan Rangers (1872), yaitu The Old Firm. Kami percaya istilah ini sekarang sudah berlebihan... Ini akan menjadi yang pertama kedua kesebelasan akan bertemu.”

Menanggapi iklan berlebihan tersebut, beberapa reaksi campuran kemudian bermunculan. Bulan lalu, kepala eksekutif SPFL, Neil Doncaster, bersikeras bahwa Rangers yang sekarang ini masihlah Rangers yang sama.

Sikap ini juga didukung oleh Mark Dingwall, editor Rangers fanzine, dengan mengatakan: “Pernyataan itu bodoh. Untuk menghabiskan 3.000 pounds untuk (iklan) ini adalah konyol. Ini benar-benar disayangkan menjelang pertandingan Old Firm nanti”.

Memang banyak fans Celtic juga mengatakan bahwa mereka malu dengan iklan tersebut. Tapi kebanyakan dari mereka tidak peduli.

Sementara Alex McLeish, yang merupakan mantan manajer Rangers tahun 2001 sampai 2006, berkomentar: “Bagi saya, Celtic merindukan Rangers. Anda melihat ruang kosong di Celtic Park (stadion Celtic). Kembali pada hari ketika Martin O'Neill berada di sana, mereka memiliki tim yang luar biasa. Stadion akan penuh setiap pekan.”

Ronald de Boer dan Bert Konterman, sebagai mantan pemain Rangers juga menertawakan iklan tersebut. De Boer mengatakan: “Saya pikir hanya satu persen orang yang berpikir seperti itu (seperti pernyataan pada iklan di atas). Kebanyakan mereka akan berpikir secara berbeda dan mereka akan menantikan pertandingan ini.”

Konterman menambahkan: “Saya pikir ini adalah sedikit sarkasme. Hal ini lucu dari sisi mereka (fans Celtic).”

Rangers sendiri musim ini untuk sementara berada di peringkat ke dua Divisi Scottish Championship, satu tingkat di bawah Liga Primer Skotlandia. Jika semuanya lancar, Rangers bisa kembali ke kasta tertinggi Liga Skotlandia tersebut musim depan, dan bertemu Celtic setiap musimnya (jika salah satu dari mereka tidak terdegradasi tentunya).

Lagipula apapun itu, pertandingan nanti tetaplah sebuah derby. Sebagai catatan saja, pertandingan Hari Minggu depan di Hampden Park akan menjadi pertemuan ke-400 antara Celtic dan Rangers.

Sumber gambar: Getty Images

Komentar