Apa Artinya Uang 50 Ribu Rupiah untuk Ronaldo dan Messi?

Cerita

by Abimanyu Bimantoro

Abimanyu Bimantoro

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Apa Artinya Uang 50 Ribu Rupiah untuk Ronaldo dan Messi?

Sepakbola memang sudah menjadi sebuah industri yang menghasilkan banyak uang. Dalam triliunan rupiah putaran uang yang berpusar pada industri olahraga paling populer di dunia ini.

Karena itulah pemasukan yang diterima para pemain sepakbola kelas dunia pun sangat luar biasa. Atlet-atlet top dunia saat ini merupakan salah satu atlet dengan pemasukan paling tinggi jika dibandingkan dengan atlet-atlet dari cabang lain.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi saat ini memang menjadi dua atlet sepakbola paling top di dunia. Dari segi prestasi dan kemampuan bermain kedua pemain ini layak untuk dikatakan yang terbaik saat ini.

Begitu pula dengan pemasukan yang didapat kedua mega bintang ini. Dengan pemasukan yang didapat dari bayaran klubnya masing-masing, ditambah bayaran hasil endorsement suatu produk, Messi dan Ronaldo menjadi dua atlet sepakbola dengan pemasukan tertinggi saat ini.

Ronaldo mendapatkan bayaran $52 juta per tahunnya dari Real Madrid. Sedangkan bayaran hasil endorsement pemain asal Portugal ini jika ditotal akan berkisar antara $28 juta per tahunnya. Maka pemain Real Madrid ini mendapatkan $80 juta per tahunnya.

Barcelona membayar Messi  sebesar $41,7 juta per tahunnya. Pemain bertubuh mungil ini juga mendapatkan bayaran dari hasil endorsement produk sekitar $23 juta per tahunnya. Maka jika di total, pemain terbaik Piala Dunia 2014 lalu ini meraih $64,7 juta.

Bahkan jika dibandingkan dengan pemasukan atlet-atlet dari cabang olaharaga lainnya, Messi dan Ronaldo tetap tercatat sebagai atlet yang memiliki pemasukan tinggi. Hanya dua bintang NBA, Lebron James dan Kobe Bryant yang memiliki pemasukan setara dengan Ronaldo dan Messi. Dari hasil bayaran yang diterima dari klub dan hasil endorsement, Lebron memiliki pemasukan $72 juta dan Kobe memiliki pemasukan $61,5 juta.

Maka jika kita melakukan hitung-hitungan sederhana, Ronaldo dan Messi memiliki pemasukan tiap bulannya sekitar $6,6 juta dan $5,3 juta. Jika kita hitung perhari dua pemain ini akan mendapatkan $220 ribu $170 ribu. Dan jika kita hitung per detik, Ronaldo akan meraih $2,54 dan Messi akan meraih $2,05.

Anggap saja satu dolar setara dengan 10.000 rupiah. Maka setiap detiknya, sekitar 25.000 rupiah masuk ke kantong Ronaldo dan 20.000 rupiah masuk ke kantong Messi.

Maka jika ada pertanyaan iseng soal apa yang akan dilakukan Ronaldo dan Messi jika menjatuhkan uang Rp 50ribu di jalan? Jawabannya adalah membiarkannya.

Yah untuk apa mereka menghabiskan waktu 2-3 detik untuk mengambil uang yang jatuh tersebut. Toh mereka bisa mendapatkan jumlah yang sama dalam 2-3 detik.

Komentar